La Ode Popi: PAD Terbesar Diperoleh Pemda Kolaka Dari Sektor PPJ

  • Whatsapp
La Ode Popi: PAD Terbesar Diperoleh Pemda Kolaka Dari Sektor PPJ

KOLAKA,UPEKS.co.id—Pendapatan Asli Daerah(PAD) yang terbesar diperoleh Pemda Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah dari sektor Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas (Sekdis) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kolaka Sultra) La Ode Popi saat ditemui media ini di ruang kerjanya pada (9/4)21).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, dari 11 jenis sumber pajak daerah terdiri dari, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak air tanah, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak PBB, pajak Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak burung sarang Walet dan pajak parkir. Namun dua jenis pajak yaitu pajak Sarang Burung Walet dan Pajak Parkir ini belum dikelolah dengan baik.

“Jadi 11 jenis pajak pendapatan daerah, yang terbesar adalah pendapatan PPJ,”jelas Popi.

Lanjut Popi bahwa PPJ itu ada dua jenis pendapatan yaitu PPJ Penerangan Listrik Negera(PLN) dan PPJ non PLN bersumber dari perusahaan PT. Antam Pomalaa Sultra dan perusahaan PT Damai Jaya Lestari(DJL) Kolaka Sultra.

“Kalau perusahaan Antam itu pembayaran PPJnya setiap bulan berkisar Rp 1,2 sampai Rp1,3 miliar lebih,” kata Sekdis Bapenda.

Sekdis Popi menguraikan pendapatan PPJ PLN setiap tahun mencapai Rp 10 miliar lebih, PPJ perusahaan Antam Sultra mencapai Rp 17,8 miliar lebih, sementara PPJ dari perusahaan DJL sebesar Rp 816 ribu setiap bulan.

“Jadi pembayaran PPJ setiap bulan itu berbeda-beda berdasarkan jumlah pemakaian, namun target pendapatan dari sumber PPJ setiap tahun selalu over target,”ujar Popi.(pil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *