Kerja Sama Dinkes dan Bappelitbangda, Pemkab Luwu Aksi 3 Rembuk Stunting 

  • Whatsapp
Kerja Sama Dinkes dan Bappelitbangda, Pemkab Luwu Aksi 3 Rembuk Stunting 

 

Luwu, Upeks.co.id– Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Bappelitbangda Kabupaten Luwu aksi 3 Rembuk Stuntung yang digelar di Aula Bappeda, Senin (19/04) dalam Rangka Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Bupati Luwu Doktor Basmin Mattayang, Mpd membuka langsung acara tersebut. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan rembuk stunting merupakan salah satu upaya menghasilkan Generasi Emas Masa Depan yang sehat, produktif dan memiliki daya saing yg kuat. “Pendapat saya mengatasi stunting ini perlu dengan pangan lokal, bagi ibu yang punya bayi utamakan memberi ASI yang gisinya lebih terjamin ketimbang susu pabrikan yang mengandung zat kimia”ujarnya

Tugas penurunan angka stunting bukan hanya melalui bidang kesehatan atau individu saja tetapi diperlukan satu kesatuan yg terintegrasi mulai dari OPD yg terkait, para camat, para kepala desa, organisasi wanita (PKK dan darma wanita), organisasi profesi, perguruan tinggi, pelaku usaha, sampai ke tingkat masyarakat.

Prevalensi Stunting di Kabupaten Luwu  masih sangat tinggi Untuk itu, intervensi gizi spesifik dan sensitif sejalan dengan inisiasi percepatan penurunan stunting melalui Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi (Gernas PPG) sesuai amanat Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2013.

Oleh karena itu, Pencegahan Stunting merupakan Investasi Pembangunan Sumber Daya Manusia dalam Jangka Panjang, jika tidak maka akan menjadi beban Indonesia kedepannya.

Yang mewakili Kepala Bappelitbangda Sulsel,  Dr.Andy Mau mengatakan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Luwu yang dengan cepat mengambil langkah pencegahan dan penanganan stunting .” Stunting ini merupakan masalah yang sangat serius di Provinsi Sulsel”ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, dokter Rosnawary mengatakan pelaksanaan aksi 3 rembuk stunting ini akan dilakukan hasil pelaksanaan rencana aksi daerah percepatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi Kabupaten Luwu. Adapun aksi 1 itu analisis hasil aksi 2 penyusunan rencana  kegiatan program.

Pada akhir acara, dilanjutkan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk mendukung pemerintah untuk menuntaskan masalah stunting di Luwu sampai Tahun 2024. Turut menandatangani komitmen tersebut, Bupati Luwu, Kepala Bappelitbangda  dan sejumlah Pimpinan dan Perwakilan OPD, para camat, para kepala desa, dan para kepala Puskesmas. (echa)

Pos terkait