Kapolri Launching Layanan Perpanjangan SIM Online

  • Whatsapp
Kapolri Launching Layanan Perpanjangan SIM Online

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Listyo Sigit melaunching secara serentak aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) Korlantas Polri, Selasa (13/4/21).

Aplikasi layanan SIM online secara internasional dan nasional itu, khusus untuk layanan perpanjangan SIM A dan C. Launching aplikasi SIM online ini, untuk memudahkan masyarakat perpanjangan SIM.

Bacaan Lainnya

Launching SINAR ini dilakukan Kapolri secara virtual dan diikuti seluruh Polda di Indonesian. Termasuk Polda Sulsel yang diikuti di Auala Mapolrestabes Makassar, Selasa (13/4/21).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono mengatakan bahwa sesuai visi misi Kapolri menuju Polantas yang Presisi dalam rangkaian program prioritas 100 hari kerja Kapolri pada kegiatan sarana dan prasanan pelayanan publik mudah diakses dan terintegrasi.

Olehnya itu, Korlantas Polri telah membuat suatu terobosan berupa pembangunan aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) yang didapat diakses secara online. Ini sebagai proses mengadopsi revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0 ditengah pendemo Covid yang melanda dunia.

Adapun tujuan pembangunan aplikasi online ini lanjut Irjen Pol Istiono, untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan SIM secara online dimana saja dan kapan saja.

“Selain itu, dengan aplikasi ini masyarakat sudah terlayani melalui jasa pengiriman dokumen SIM untuk diantar ke alamat pemohon, ” lanjut Istiono saat menyampaikan laporannya yang disaksikan seluruh Polda secara virtual.

Sementara itu, Direktur Lalulintas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Sentoe menjelaskan, Ditlantas Polda Sulsel sendiri sudah siap dengan layanan perpanjangan SIM onlien. Kriteria SIM yang bisa dilayani, yakni perpanjangan SIM C dan A diseluruh Satpas dan SIM keliling yang dilaksanakan dengan proses online.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke Satpas, namun hanya mengisi aplikasi kemudian mengirimkan data sesuai permintaan dan SIM akan dikirimkan sesuai alamat, ” kata Frans.(Jay).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *