Dosen UIT, Dr Makkah Muharram Lolos Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung

  • Whatsapp
Dosen UIT, Dr Makkah Muharram Lolos Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Dosen Universitas Indonesia Timur (UIT) Dr. Makkah Muharram, SH, MH, M.Kn Lolos Tes Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung.

Dari 116 calon pendaftar, tiga akademisi asal Sulsel Lolos Tes Administrasi. Diantaranya Guru Besar Fakultas Hukum Unhas, Prof.Dr.Slamet Sampurno, MH, Dosen Fakultas Hukum UIT Dr. Makkah Muharram, SH, MH, M.Kn, Dosen Fakultas Hukum UMI, Dr. Kamri Ahmad, MH. Ketiganya mendaftar untuk kamar pidana.

Bacaan Lainnya

Dekan Fakultas Hukum UIT, Dr. Makkah Muharram, SH, MH,M.Kn, membenarkan masuk dalam 116 pendaftar yang lolos ke tahap selanjutnya. Namun dia menegaskan, ini baru awal, masih ada tahapan seleksi beriń∑utnya.

Diantaranya, tes kompetensi, tes kesehatan, tracking, wawancara di Komisi Yudisial (KY) dan terakhir ada proses di DPR RI. Jadi masih panjang Mohon doa dan dukungan bisa ke tahap akhir, kata Dr.Makkah Muharram, Kamis 1 April 2021.

Dr.Makkah Muharram, selain Dekan FH-UIT, dia juga Kuasa Hukum LLDIKTI Wilayah IX, Kuasa Hukum UNHAS, Kuasa Hukum UIT Makassar dan berbagai Organisasi yang dipimpin.

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery mengungkapkan, Komisi III berharap KY melakukan seleksi calon Hakim Agung secara profesional dan sesuai peraturan perundang-undangan.

Oleh sebab itu, saya tegaskan dari awal, apa yang sudah disampaikan pada prinsipnya kami terima dalam fungsi pengawasan, ” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KY, Mukti Fajar Nur Dewata menuturkan nama-nama yang lolos Administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya.

“Kami akan usulkan ke Komisi III, uji kelayakan dan kompetensi para kandidat Hakim Agung. Ini bisa dilaksanakan 9 Agustus, “tukasnya.

Seleksi dibuka terkait kebutuhan 13 Hakim Agung. Terdiri atas 8 orang untuk kamar pidana, dua orang untuk kamar perdata, satu kamar militer dan dua orang untuk kamar Tata Usaha Negara.
(hms/rls).

Pos terkait