ANEKA

Bupati Kolaka; Meraih Predikat Kabupaten Layak Anak, Para Camat Harus Berperan

Bupati Kolaka; Meraih Predikat Kabupaten Layak Anak, Para Camat Harus Berperan

KOLAKA,UPEKS.co.id—Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) H Ahmad Safei menegaskan bahwa dalam mewujudkan Kabupaten Kolaka menjadi suatu kabupaten layak anak, maka para Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) harus turut berperan.

Hal itu ditegaskan Bupati saat memimpin rapat koordinasi gugus tugas dalam rangka melakukan evaluasi kabupaten layak anak, di aula SMS Berjaya pada(1/4/21).

Dikatakannya, Pemda Kolaka memiliki harapan untuk meraih salah satu kabupaten predikat layak anak tahun 2021, maka semua Camat, Lurah dan Kades turut berperan, khususnya dalam melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk pemenuhan dalam penilaian layak anak.

“Saya tegaskan kepada semua Camat, Lurah dan Kades segera melengkapi semua dokumen yang diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan dalam penilaian kabupaten layak anak. Segera tuntaskan yang belum selesai,”tegas Safei.

Menurut Safei untuk mewujudkan Kabupaten Kolaka menjadi layak anak itu tidak rumit, yang diperlukan adalah pendataan secara administrasi yang benar.

“Tidak rumit kalau Kabupaten Kolaka memperoleh predikat sebagai Kabupaten Layak Anak(KLA), karena yang dibutuhkan adalah pendataan administrasi yang benar. Makanya para Camat, Lurah dan Kades segera menindaklanjuti hal itu apa yang belum rampung,”ujar Safei.

Bupati Kolaka; Meraih Predikat Kabupaten Layak Anak, Para Camat Harus Berperan

Semantara Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(P3A) Kolaka Hj Andi Wahidah kepada wartawan mengatakan KLA mempunyai definisi yaitu kabupaten atau kota yang mempunyai sistem pembangunan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus kepada anak dengan terencana menyeluruh dan berkelanjutan.

“Jadi kategori KLA mempunyai empat kategori yaitu PRATAMA dengan skor 500, MADYA dengan skor 600, NINDYA dengan skor 700 dan Utama skor 800. Harapan kita semua Kabupaten Kolaka bisa masuk kategori tersebut,”harap Wahidah.

Lanjutnya saat ini Kabupaten Kolaka sudah memiliki skor sementara 591,13 sehingga masih dibutuhkan penekanan para Camat, Lurah dan Kades segera merampungkan target yang telah ditentukan untuk mendukung Kabupaten Kolaka layak anak.

“Masih ada kecamatan yang belum melaksanakan dan menerbitan surat keputusan gugus tugas layak anak bahkan ada juga yang belum memilah profil layak anak. Semoga dengan pertemuan ini pihak desa dan Lurah bisa menyelesaikan itu,”ujar Wahidah.(pil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top