Ariani: Jiwa Kewirausahaan Sangat Diperlukan Saat Ini

  • Whatsapp
Ariani: Jiwa Kewirausahaan Sangat Diperlukan Saat Ini

 

Makassar, Upekd.co.id–Tampil di Talkshow. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, (Fisip), Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar. Ketua Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulsel, Ariani Indahwati menyatakan; keprihatinan.  Pada tingginya angka pengangguran. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sarjana di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pengangguran yang saat ini naik tajam terlebih setahun pandemi Covid-19, didominasi Sarjana, lulusan SMK, SMA dan SMP. Dengan pokok persoalan pada tidak terserapnya nilai-nilai kewirausahaan melalui pendidikan formal.

“Saya nyatakan siap membantu kampus dan sekolah mencarikan solusi membangun mental kewirausahaan,” ujarnya.

“Kami akan upayakan bantuan bagi sekolah dan Perguruan Tinggi (PT),” ujar Ariani, yang akrab disapa ‘Ai’, di hadapan peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan pelajar SMK Makassar.

Ariani, yang lulusan Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas), adalah alumni Sospol Unhas, program studi Hubungan Internasional (HI), yang memiliki reputasi cukup di bidang industri, khusus telekomunikasi. Ariani juga saat ini aktif menjalankan bisnis kuliner.

“Untuk membangun mental kewirausahaan, memang harus dimulai dari pendidikan di bangku sekolah menengah, sehingga membentuk karakter hingga pendidikan tinggi,” ujarnya, menanggapi tingginya pengangguran lulusan SMK, disusul sarjana, lulusan SMA dan SMP.

Ketua Yayasan Indonesia Timur (YIT) H. Aminuddin, SH.MH, yang mendirikan kampus UIT, usai dialog mengungkapkan harapannya agar fakultas dan prodi di internal UIT, memikirkan saran dan pemikiran Ariani.

Tolkshow dipandu Wakil Rektor (WR) IV UIT, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. berlangsung lebih 1,5 jam. Dengan mengusung tema, “Cross Sector Collaboration & Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang menunjang program merdeka belajar bagi Perguruan Tinggi (PT).

Kegiatan itu pertama kali digelar Fisip UIT, di bawah kepemimpinan Dekan Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si. disebutkan sebagai pembuka jalan pulihnya kepercayaan masyarakat pada UIT. Fisip UIT, memiliki tiga Program Studi (Prodi), Administrasi Negara, Pemerintahan dan Komunikasi.

Dengan menyasar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulsel. Dekan Fisip UIT menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang bersedia mengisi kegiatan yang digelar Fisip UIT. “Kami berharap ini menaikkan animo masyarakat untuk kuliah di UIT,” ujarnya.

“Kehadiran Ketua UMKM Sulsel dalam dialog ini menunjukkan komitmen organisasi yang dibawahinya pada problem dasar masyarakat dan dunia pendidikan,” ujar Nani, yang sedang menyiapkan penyelesaian studi doktornya di Unhas.(*)

Pos terkait