Agar Mulut dan Gigi Tetap Sehat Saat Puasa, Direktur RS Puang Sabbe Berbagi Tips

  • Whatsapp
Agar Mulut dan Gigi Tetap Sehat Saat Puasa, Direktur RS Puang Sabbe Berbagi Tips

ENREKANG, UPEKS.co.id — Bulan Suci Ramadhan seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa. Agar mulut dan gigi tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa,  Direktur RS Puang Sabbe Anggeraja yang juga dokter gigi, drg Hj. Sri Siswaty Zainal,M. Adm. Kes membagikan tipsnya.

Mantan Kabid Pelayanan RSUD Maspul Enrekang ini mengatakan Ramadhan saat ini masih dalam pandemi Covid-19, agar mulut dan gigi tetap sehat masyarakat harus tetap menjaga kebersihan mulut karena salah satu tempat masuknya kuman itu adalah melalui rongga mulut.

Bacaan Lainnya

Untuk itu dia menganjurkan agar masyarakat lebih banyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan jangan sering menyikat gigi untuk menghindari gigi agar tak rapuh.

” Jadi sebagai dokter gigi saya menghimbau kepada masyarakat dibulan Ramadhan ini agar kita banyak makan makanan berserat tinggi supaya sel Cleansing dari gigi itu berfungsi dengan baik. Kalau masuk waktu imsak kita hindari makanan yang manis dengan cara berkumur”. Kata istri Kepala KUA Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang ini.

Jika pada saat berbuka dianjurkan makan makanan yang manis, maka dokter cantik ini justru menganjurkan agar menjelang imsak hindari makanan manis agar rongga gigi dan gigi kita tetap kuat.

Agar mulut tetap fresh jangan mengonsumsi makana yang banyak kadar gulanya pada saat menjelang imsak supaya tidak tinggal dirongga gigi.

” Dan menjelang shalat Subuh langsung segera sikat gigi. Tapi ingat sebelum tidur pada malam hari harus sikat gigi sebersih mungkin agar sisa makanan tidak tinggal di rongga mulut dan disela-sela gigi”. Katanya.

Makanan tinggi serat yang di maksud dokter Sri berguna untuk membersihkan gigi secara alami seperti buah apel.

” Jadi jika kita makan makanan berserat air liur kita akan keluar agak banyak sehingga dapat membersihkan gigi secara alami. Jangan juga menyikat gigi terlalu sering karena nanti giginya terkikis”. Pungkasnya.

Dia berharap bulan Suci Ramadhan tahun ini dapat dilalui denga baik dan dalam kondisi sehat agar tubuh tetap fit saat berpuasa.(Sry).

Pos terkait