2022, Masyarakat Gowa Miliki Perpustakaan Nasional

  • Whatsapp
2022, Masyarakat Gowa Miliki Perpustakaan Nasional

GOWA, UPEKS.co.id — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa tidak lama lagi akan memiliki gedung Perpustakaan Nasional bagi masyarakat Gowa.

Pembangunan gedung untuk meningkatkan wawasan dan minat baca masyarakat ini diharapkan tahun 2022 sudah sapat dimanfaatka masyarakat.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gowa, Muhammad Taslim mengatakan pembangunan Perpustakaan Nasional ini merupakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa sebanyak 10 Miliar dari Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional.

“Alhamdulillah tahun ini mendapat bantuan Dana DAK sebanyak 10 Miliar dari pemerintah pusat melalui perpustakaan nasional. Dana anggarannya diperuntukkan pembangunan perpustakaan layanan umum,”katanya, Kamis (29/4/2021).

Kabupaten Gowa merupakan satu diantara empat Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang mendapatkan bantuan DAK tersebut, salah satunya adalah Kabupaten Gowa.

Taslim menjelaskan progres pembangunannya saat ini tengah memasuki tahap tender. Baik itu tender pengawasan dan tender fisik. Kemudian lokasi pembangunan dilakukan diatas tanah Pemerintah Kabupaten Gowa yang merupakan bekas gedung Badan Statistik Kabupaten Gowa di Jalan Masjid Raya.

“Progresnya sekarang sementara tender sudah selesai dilaksanakan termasuk tender pengawasan, tender fisik, jadi sekarang ini karena akan dibangun di lokasi tanah Pemda di kantor eks Badan Statistik Kabupaten Gowa dulu, dan sementara dibongkar untuk mulai pelaksanaannya,” terang Taslim.

Kemudian rencananya Pembangunan fisik dipastikan rampung tahun ini. Untuk bantuan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bahan bacaan pihaknya akan kembali mengajukan Proposal ke perpustakaan nasional di tahun depan.

“Ini baru pelaksanaan pembangunan fisik. Nanti kita akan memohon bantuan lagi untuk bantuan isi dari perpustakaan tersebut pengadaan TIKnya, mobil, dan bahan buku bacaan. Jadi kemungkinan beroperasi tahun depan,” ujar Taslim.

Terkait Rencana Anggaran Biaya, dan desain gedung, telah dirancang. Dengan begitu, Taslim berharap Tahun depan seluruh pembangunan fisik dan seluruh fasilitas isi Perpustakaan Nasional Kabupaten Gowa telah rampung sehingga dengan begitu pemerintah sudah siap untuk memberikan pelayanan Perpustakaan Nasional untuk masyarakat.

“Kami berharap tahun depan jika selesai pembangunan fisiknya, dan juga dilengkapi dengan fasilitas TIK dan Bahan Bacaan maka pemerintah sudah siap untuk memberikan pelayanan Perpustakaan Nasional untuk masyarakat Kabupaten Gowa,” demikian Taslim. (Sofyan).

Pos terkait