Bupati Luwu Timur Serahkan Tiga Ranperda ke DPRD

  • Whatsapp
Bupati Luwu Timur Serahkan Tiga Ranperda ke DPRD

LUTIM.UPEKS.co.id—Pemkab Lutim menyerahkan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD. Ranperda diserahkan bupati, H. Budiman kepada Wakil Ketua I DPRD, HM. Siddiq BM. dalam rapat paripurna DPRD, Senin (12/04/2021).

Ketiga yang diserahkan itu, Ranperda Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, kemudian Ranperda Pilkades dan Ranperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Luwu Timur.

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan, penyerahan ketiga ranperda salah satu upaya peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pelayanan kemasyarakatan. Juga, untuk memenuhi kewajiban konstitusional, utamanya dalam hal pelaksanaan Program Pembentukan Perda Kabupaten Lutim
Tahun Anggaran 2021.

Terkait Ranperda Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, Budiman mengatakan, Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum, yang harus diwujudkan melalui berbagai upaya kesehatan dalam rangkaian pembangunan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu yang didukung oleh suatu sistem kesehatan nasional.

Lanjut Budiman, Ranperda Pilkades pertegas kedudukan hukum terkait pilkades di Lutim agar tercapai asas kepastian hukum demi tegaknya budaya demokratisasi Desa.

“Sebagaimana kita ketahui, 62 Desa yang ikut berkompetisi dalam pilkades serentak dan saya berharap kepada Perangkat Daerah terkait hal-hal teknis yang terjadi pada tahun sebelumnya dapat kita jadikan pengalaman sehingga di Tahun 2021 ini tidak terjadi hal yang sama,” pesan Budiman.

Terakhir, Ranperda tentang PDAM, Budiman mengatakan, Pembentukan Ranperda untuk mengubah bentuk badan hukum dari Perusahaan Daerah Air Minum Lutim menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Lutim.

“Terkait PDAM ini, perlu juga kita semua tentukan nama perusahaan, namun hal ini akan kita bicarakan bersama lebih lanjut,” tandas Budiman. (hms/rls).

 

Pos terkait