Unimerz Kembali Cetak 834 Alumni Berdaya Saing Tinggi

  • Whatsapp
Unimerz Kembali Cetak 834 Alumni Berdaya Saing Tinggi

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Universitas Megarezky (Unimerz) Makassar kembali mencetak ratusan alummi dengan kapasitas daya saing cukup tinggi.

Hal ini tersebut ditandai dengan digelar Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda lulusan program Diploma, Sarjana, dan Profesi angkatan XI periode II tahun Ajaran 2019/2020 yang berlangsung di Ballroom Phinisi lantai II Hotel Claro Makassar, Kamis (1/4/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam wisuda kali ini dikuti 834 orang wisudawan, masing-masing dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan sebanyak 498 orang, Fakultas Teknologi Kesehatan sebanyak 136 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 57 orang, dan Fakultas Farmasi sebanyak 143 orang.

Di acara uwisuda ini, Rektor Universitas Megarezky (Unimerz), Prof. Dr. dr. Ali Aspar Mappahya, Sp.PD.,Sp.JP. (K.), menegaskan kepada seluruh wisudawan agar bersungguh-sungguh dalam menghadapi dunia nyata. Sebab, menurutnya, wisuda hanyalah gerbang awal menuju tantangan hidup yang lebih besar.

“Sebagai catatan, wisuda kali ini adalah wisuda terbanyak yang pernah saya temui dalam empat kali wisuda terakhir. Saya berpesan kepada anak-anak ku semua, selamat telah melewati langkah kecil, menuju langkah yang jauh lebih besar. Maka bersungguh-sungguhlah di luar sana,” jelasnya.

Selain itu, Prof Ali Aspar juga menegaskan, di usia Unimerz yang masih belia ini, mereka mampu menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bukan hanya dari sisi kerjasama saja, tetapi juga peningkatan ranking yang meningkat secara drastis.

“Di momen ini juga saya perlu sampaikan, di usia 2 tahun ini kita mampu menunjukkan akselerasi baik dalam klasterisasi pendidikan tinggi yang dilakukan LLDIKTI, dari awalnya berada di peringkat 800-an menjadi 400-an secara nasional, dan berada di peringkat 21 Se-Sulawesi Selatan.”

“Kita juga patut berbangga, dari tujuh prodi yang kita usulkan, empat diantaranya mendapat akreditasi B terbaik, yaitu Prodi Pendidikan Jasmani, Bahasa Inggris, Sosiologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sementara sisanya masih dalam tahap proses perampungan,” lanjutnya. Lebih jauh orang nomor satu Unimerz itu mengatakan, pihaknya siap bersaing dengan kampus lain dalam hal kemajuan teknologi di tahun 2034 mendatang.

“Ini adalah jalan baik bagi kita untuk menjadi universitas unggul di bidang teknologi pada tahun 2034 mendatang. Kita sadar betul perkembangan digitalisasi, sehingga kita akan terus berbenah untuk mewujudkan itu,” tegasnya.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LL dikti Wilayah IX (Sulawesi dan Gorontalo), Prof. Jasruddin, mengakui perkembangan pesat Unimerz Makasaar. Ia juga mengatakan, 80 persen alumni Unimerz selalu terserap di dunia kerja. Sehingga, tidak diragukan lagi soal kapasitas dan daya saing alumninya.

“Unimerz ini kejutan. Baru dua tahun sudah dapat pencapaian luar biasa. Rankingnya terus naik. Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan , Alumni Unimerz 80 persen selalu terserap di dunia kerja. Saya tentu sangat mengapresiasi ini,” jelas Prof. Jasruddin.

“Saya meyakini, Unimerz bakal menjadi kampus unggulan. Jadi tidak salah kalau orang tua menyekolahkan anaknya di Unimerz. Soal fasilitas juga silakan dicek sendiri. Saya melihat tidak jauh beda dengan Universitas Negeri yang ada di Sulawesi Selatan. Jadi jangan ragu-ragu,” tutupnya.

Prof Jasruddin juga mengharapkan kepada seluruh wisudawan agar tidak pulang ke kampung halamannya jadi tenaga honorer karena sesungguhnya tenaga honorer merupakan awal dari penderitaan dan akan berakhir dengan kesengsaraan ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Yayasan Pendidikan Islam Mega Rezky Makassar, Mochammad Noer Alim Qalby, SH, LLM mengharapkan kepada para wisudawan agar terus belajar meningkatkan spesifikasi ilmu pengetahuan dan keterampilannya sehingga bisa bersaing di dunia kerja diera revolusi industri sekarang ini dan apabila sukses
nantinya tidak melupakan almamater yang kita cintai.

Pihak Yayasan terus melakukan membenahan dan peningkatan sarana dan prasarana dalam rangka peningkatan pengetahuan, mutu lulusan Unimerz nantinya.

Wisuda kali ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh setiap peserta dan keluarga sebelum memasuki ruangan, jarak kusri yang diatur sesuai protap, menggunakan masker, juga menggunakan ruangan yang bisa menampung ribuan orang.

Diacara wisuda tersebut juga diadakan penandatanganan MoU antara Universitas Megarezky (Unimerz) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua.

Sedianya Bupati Kepala Daerah Biak Numfor Propinsi Papua, Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd yang menyampaikan orasi ilmiah namun berhalangan hadir dan diwakili oleh kepala Dinas Penanaman Modal Palayanan Perizinan Satu Pintu (DPMPPSP) Herry Mulyana, S.Si, M.Si dengan judul Orasi Ilmiah “Peran Pendidikan dalam
Menyiapkan SDM unggul menuju revolusi industri “4”.

Diacara wisuda wakil Rektor I Unimerz Ns Julia Fitrianingsi, S. Kep, M.Kes, M. Kep membacakan SK Rektor Unimerz tentang Wisudawan terbaik jenjang Profesi dari Profesi Ners atas nama Hardianti, S.Kep, Ners dengan IPK 4,00 dan Jenjang Sarjana dari Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit atas nama Nur Syamsuriyati dengan IPK 3,99 serta jenjang Diploma dari Prodi DIII Laboratorium Medis atas nama Pramudita dengan IPK 3,91.(rls).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *