Hari ke Dua Wisuda UMI, Rektor: Alumni Tanamkan Jiwa Long Life Learning

  • Whatsapp
Hari ke Dua Wisuda UMI, Rektor: Alumni Tanamkan Jiwa Long Life Learning

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Pagelaran wisuda UMI periode Pertama tahun 2021 memasuki hari ke dua, Minggu (11/4/2021). Kali ini peserta wisuda diikuti Empat Fakultas dan Program Pascasarjana.

Diantaranya, Program Pascasarajana, Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FIK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dengan jumlah peserta keseluruhan di hari ke dua 757 orang.

Bacaan Lainnya

Rektor UMI Prof. Basri Modding, S.E, M.Si mengungkapkan, alumni UMI memiliki keunggulan sebagai sumber daya manusia yang bermartartabat, memiliki karakter moral dan juga karakter kinerja, dengan empat kompetensi yaitu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kerjasama.

“Juga inovatif berdaya saing dan berkarya dengan karakter Islam, memiliki pengetahuan dan skill yang relevan, termasuk technical and vocational skills, terampil memasuki dunia kerja dan memiliki jiwa enterpreuner,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI ini.

Saat ini, kata rektor, kkreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan.

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diluncurkan Mendikbud teri, kerangka menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan kebutuhan zaman, serta lebih siap sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkarakter.

“Kepada alumni, tingkatkan terus penguasaan ilmu dan pengetahuan sebagai kekuatan intelektual, senantiasa mengikuti perkembangan teknologi informasi dan terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat (long-life learning) sebagaimana pepatah Arab, yang artinya, tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahad,” beber Basri Modding.

Sementara itu, Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VIII Dr. KH Hamzah Harun Al Rasyid, Lc, M.A banyak berbicara soal mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin ke depan.

Menurut KH Hamzah, tiga indikator memilih atau menjadi seorang pemimpin yang berkualitas diantaranya Intelegensi, energi dan integritas.

“Jadi seorang pemimpin harus memiliki intelegensi yang tinggi. Kedua harus memiliki energi yang kuat, sebab akan banyak memeras isi kepala dan fisik. Hal terpenting dan utama, integritas atau biasa disebut kejujuran,” kata Hamzah Harun.

“Meski indikator yang pertama dan yang ke dua kurang, namun indikator yang ketiga dapat menutupi kekurangan pertama dan kedua. Sebab integritas seseorang akan pengaruhi kualitas capaian kerjannya seorang pemimpin,” sambung Hamzah yang juga Ketua PW NU Sulsel.

Hamzah Harun meyakini jika ke tiga indikator di atas telah terpenuhi di dalam jiwa seorang alumni UMI yang merupakan perguruan tinggi yang mengedepankan Ilmu Amaliah, Amal Ilmiah dan Akhlaqul Karimah.

“Saya yakin ananda sekalian pastinya memiliki intelensi yang tinggi, pastinya cerdas karena kalau tidak cerdas tidak akan menjadi seorang sarjana, begitu juga energi dan integritas,” papar KH Hamzah Harun.

Diketahui, wisuda UMI periode pertama tahun 2021 akan berakhir Senin, 12 April 2021 yang akan diikuti 745.

Untuk hari pertama Sabtu, 10 April 2021 berjumlah sebanyak 732. Sehingga total alumni UMI sampai saat ini telah berjumlah 110.894, kata Humas UMI, Hj Nurjannah Abna. (rls).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *