Unpad Mulai Vaksinasi Covid -19 Bagi Dosen

Unpad Mulai Vaksinasi Covid -19 Bagi Dosen

BANDUNG – Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada dosen dan guru besar. Vaksinasi yang dilakukan kepada dosen dan guru besar berusia 60 tahun ke atas ini digelar di Klinik Kesehatan Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 46, Bandung, Senin (15/3), Rabu (17/3), dan Jumat (19/3).

Direktur Utama Klinik Kesehatan Unpad  Achmad Hussein S. Kartamihardja menjelaskan, setiap hari, proses vaksinasi Covid-19 akan dialokasikan sebanyak 50 orang. Selama tiga hari, total tenaga pendidik berusia lanjut yang akan divaksinasi berjumlah 150 orang.

Bacaan Lainnya

“Kita ajukan lebih. Ternyata dalam verifikasi ada dosen-dosen yang sudah divaksinasi di RSHS maupun di RS Cicendo, sehingga kita tentukan totalnya ada 150 orang,” kata Prof. Hussein, Senin.

Proses vaksinasi sesuai dengan protokol yang ditetapkan. Prof. Hussein mengatakan, para dosen yang diperbolehkan vaksinasi adalah mereka yang dinyatakan sehat dan tidak memiliki penyakit kronis atau komorbid.

Secara nasional, syarat lansia yang bisa divaksinasi adalah tidak mengalami kesulitan menaiki 10 anak tangga, tidak memiliki 5 dari 11 penyakit kronis dan komorbid, tidak gampang lelah, tidak mengalami penurunan berat badan signifikan dalam setahun terakhir, serta tidak mengalami kesulitan berjalan sejauh 100 – 200 meter.

Karena itu, setiap dosen akan diajukan pertanyaan terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi fisiknya. “Contohnya, sering kita temukan seseorang sehat tetapi ternyata hipertensi atau tensinya tinggi, atau punya autoimun. Maka yang bersangkutan tidak boleh dulu divaksinasi,” kata Prof. Hussein.

Vaksinasi Covid-19 dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan di Klinik Kesehatan Unpad. Usai vaksinasi pertama, para dosen akan kembali menjalani vaksinasi kedua di Klinik Unpad sekira satu bulan kemudian.

“Vaksinasi diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa menghambat terkenanya Covid-19. Selain itu para dosen juga berharap tidak menularkan ke orang lain,” ujar Prof. Hussein.

Prof. Hussein mengatakan, Klinik Kesehatan Unpad sudah dipercaya Dinas Kesehatan Kota Bandung sebagai salah satu lokasi penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Bandung. Dimulai dari vaksinasi untuk tenaga kesehatan, lalu kelompok lansia umum, serta kelompok dosen dan guru besar lansia Unpad yang digelar saat ini.

Selanjutnya, Klinik Kesehatan Unpad juga telah berencana melakukan vaksinasi terhadap dosen dan tenaga kependidikan.

“Kita sedang kerja sama dengan Dinkes Provinsi untuk mendapatkan jatah vaksinasi bagi seluruh sivitas akademika dan tendik di bawah 50 tahun. Kita usahakan mudah-mudahan di minggu keempat bulan ini (Maret),” kata Prof. Hussein. (teguh)