SDI Mangasa Sungguminasa siapkan Box Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 

  • Whatsapp
SDI Mangasa Sungguminasa siapkan Box Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 

GOWA, UPEKS.co.id– Selama masa pandemi Covid-19 semua sekolah dituntut untuk menyelenggarakan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dalam jaringan (Daring).

Olehnya itu setiap sekolah diharapkan mampu melakukan proses belajar mengajar yang optimal di masa pandemi, salah satunya dengan membuat terobosan maupun inovasi demi mencerdasakan kehidupan bangsa.

Bacaan Lainnya

Salah satu hal yang patut dicontoh seperti yang telah diterapkan oleh Sekolah Dasar Inpres (SDI) Mangasa Sungguminasa , dimasa pandemi Covid-19 sekolah ini punya metode pembelajaran jarak Jauh (PJJ) dengan menyediakan Box atau wadah yang menyiapkan keperluan siswa selama proses belajar mengajar.

“Box ini kita siapkan sebagai sarana pengambilan setiap tugas-tugas maupun soal ulangan yang akan kita bagikan kepada siswa. Jadi orang tua siswa setiap saat dapat mengambil lembaran tugas yang kami siapkan di dalam box tanpa harus bertemu langsung atau bertatap muka dengan guru-guru,”kata, Kasek SDI Mangasa Sungguminasa, Hj Hamriati, yang ditemui di sekolahnya,  Rabu (17/3/2021).

Hamriati juga menjelaskan, inovasi yang dilakukan di sekolahnya bisa dibilang efektif di masa pandemi Covid-19. Sebab orang tua siswa maupun murid tidak berinteraksi langsung dengan guru-guru saat ingin mengambil tugas mapun menyetor tugas, tapi hanya mengambil dan mengumpulkannya melalui box yang disiapkan di Sekolah.
“Ada 11 Box yang kami siapkan, jadi setiap kelas kami siapkan box pengambilan dan pengembalian tugas dan ulangan siswa. Biasanya setiap minggu tugasnya di ambil dan dikembalikan oleh orangtua siswa,”jelasnya.
Sistem belajar jarak jauh ini kata Hj Hamriati mulai diterapkannya sejak Januari 2021 lalu dan sudah dicontoh oleh beberapa sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Gowa.
Sementara itu Humas Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Kecamatan Somba Opu, Muslimin mengaku menyambut baik dan mengapresiasi terobosan atau inovasi yang dilakukan oleh SDI Mangasa Sungguminasa, menurutnya pembayaran jarak jauh salah satu metode yang perlu diterapkan di masa pandemi ini.
“Tentunya  sangat kita dukung apa menjadi terobosan setiap sekolah, yang terpenting bagaimana proses belajar ditengah pandemi ini dapat berjalan sesuai dengan aturan. Dan khusus apa yang dilakukan oleh SDI Mangasa kita apresiasi,”kata Muslimin. (Sofyan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *