Polisi Amankan Terduga Penipuan Penggandaan Uang

  • Whatsapp

PAREPARE.UPEKS.co.id–Lekaki ”Su alias Ab” (41) dibekuk petugas kepolisian Polres Parepare.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/440/XII/TUK.7.1.3/2020/Polda Sulsel/Res.Parepare, tanggal 9 Desember 2020 dia dilaporkan Hj Nima (korban). Pelapor mengaku ditipu Rp 33.750.000.
.
Kasat Reskrim Polres Parepare, Iptu Asian Shimbong mengatakan, pelaku diamankan di Kabupaten Sidrap saat menghadiri acara pernikahan di kediaman kerabatnya.

Bacaan Lainnya

“Tersangka menjalankan aksinya berempat, sementara tersangka Su diamankan. Tersangka lainnya masih dalam pengejaran,” ungkapnya

Lebih lanjut dia mengungkapkan, modus dari tersangka, dia mengelabui korban bahwa terlapor memiliki mustika yang berguna sebagai pelaris jualan dan dapat menyembuhkan penyakit.

“Tersangka kemudian meminta korban untuk menyerahkan sejumlah uang untuk diberkati (digandakan), namun pada saat itu korban tidak membawa uang,” terang Iptu Asian yang didampingi Kasubag Humas Polres Parepare, Iptu Muh Amin.

“Kemudian tersangka Su minta korban melepas kalung dan gelang emas. Tersangka M kemudian membantu korban untuk melepas kalung dan gelang emas kemudian diserahkan ke tersangka Su,” tambahnya.

Setelah mengambil kalung dan gelang emas milik korban, tersangka berteman singgah di Kabupaten Maros lalu menjual barang-barang milik korban seharga Rp13.800.000. Dari hasil penjualan itu kemudian dibagi. Tersangka Su menerima Rp 4 juta.

Kemudian tersangka M menerima Rp 4 juta, tersangka A trrima Rp 2 juta, dan Rp 2 juta diterima tersangka R. Uang yang tersisa senilai Rp 1,8 juta digunakan para tersangka untuk makan dan membeli bensin.

Untuk kepentingan pengusutan, polisi menyita barang bukti 1 buah tas berwarna cream berisi kertas. Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara, tandasnya. (Ama)