Pengawasan Peredaran Cukai Rokok, Satpol PP Gelar  Bimtek

  • Whatsapp
Pengawasan Peredaran Cukai Rokok, Satpol PP Gelar  Bimtek

TAKALAR, UPEKS.co.id–Dalam rangka meningkatkan pengawasan dan pengendalian atas produksi barang kena cukai.

Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kab.Takalar sebagai salah satu perangkat daerah yang berperan dalam mengawasi , menindak dan menekan peredaran barang kena cukai ilegal.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dipandang perlu untuk memberikan bimbingan teknis terkait pengawasan dan pengendalian barang kena cukai.

Dalam Kegiatan tersebut,tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut ,”Bimbingan Teknis petugas pengawas peredaran cukai rokok dan rokok ilegal lingkup satpol pp dan Damkar kab.Takalar.

Bimtek  digelar  di hotel grand palace Makassar selama tiga hari (26,27,28/3/21).

Bertindak sebagai Narasumber dalam Bimtek tersebut
satpol Prov.  Supriyadi, S.STP Kasi Kerjasama antar Daerah Bid.Penegakan Perda

Narsum dari Kantor Bea Cukai Pak Darmi Ali  Fungsional Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama

Salah satu tujuan diadakannya kegiatan Bimtek tersebut untuk meningkatkan kapasitas fungsi  Sumber Daya Manusia Aparatur Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran dalam pengawasan dan perlindungan konsumen serta mencegah penyebaran dan peredaran pita cukai palsu dan rokok ilegal.

Narasumber pada kegiatan ini adalah  dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar dalam  materinya terkait regulasi dibidang cukai, dan cara mengidentifikasi cukai palsu dan  rokok ilegal melalui pemeriksaan secara kasat mata atau melalui alat.

Begitu juga  narasumber dari Satpol PP Prov Sulawesi Selatan memberikan materi terkait Standar  Operasional Prosesur (SOP) pelaksanaan Patroli Penegakan Peraturan Daerah.

Bupati Takalar H Syamsari   sambutan  melalui Meeting Zoom  agar Satpol PP dan Damkar melalukan berbagai inovasi sebagai penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik serta bersinergi dengan aparat penegak hukum agar tujuan dan sasaran yang dicapai dapat terarah.

Sementara Sekertaris Daerah kabupaten takalar H.Arsyad Taba
mengatakan agar Satpol PP selalu meningkatkan kualitas SDM aparat melalui Diklat dan Sosialisasi serta mampu melaksanakan tupoksi.

“Sebagai Satpol PP dan Damkar, dapat mengambil peran dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah  (PAD) melalui koordinasi dengan beberapa stake holder/pengambil kebijakan,”terangnya.

Selain itu, peran satpol harus  membantu perangkat daerah lainnya menertibkan asset-asset pemda untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan secara benar dan bersih.

Kegiatan selama 3 hari mulai 26-28  Maret 2021diikuti oleh  anggota Satpol PP dan Damkar sebanyak  30 orang peserta,

Agar Petugas Pengawas Peredaran Cukai Rokok dan Rokok Ilegal  dapat melaksanakan tugas secara profesional dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada Masyarakat.(Jahar).

Pos terkait