Karo Ops Polda Sulsel Silaturahmi ke Pemangku Adat Amma Toa Kajang 

  • Whatsapp
Karo Ops Polda Sulsel Silaturahmi ke Pemangku Adat Amma Toa Kajang 

BULUKUMBA, UPEKS.co.id — Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Dg Pabali, silaturahmi ke Amma Toa selaku pemangku adat Desa Toa, Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, Sabtu (13/3/21).

Kombes Pol Adeni Muhan yang akrab disapa Puang Tindizzz ini, mengunjungi Desa Tanah Toa ditemani istrinya dan Panglima Perang Suku Tanah Toa, Ramli.

Bacaan Lainnya

Untuk memasuki kawasan tersebut, tidak mudah. Perlu ada perjanjian lebih awal dengan pemangku adat yang ada di dalam kawasan tersebut, yakni Amma Toa. Tanpa persetujuan Amma Toa, setiap orang tidak diperbolehkan memasuki kawasan tersebut.

Setelah melalui proses ritual adat seperti baju dan celana harus serba hitam, baru bisa memasuki kawasan Tanah Toa Kajang itu. Untuk tiba di kediaman Amma Toa, jarak tempuh berkisar satu kilo meter dari gerbang.

Sesampai dikediaman pemangku ada Tanah Toa, Karo Ops Polda Sulsel disambut Amma Toa selaku pemimpin yang ada dalam kawasan serba pakaian hitam ini.

Amma Toa sempat bercengkrama dengan Puang Tindizzz dan dipandu jubir sekaligus panglimanya Amma Toa. Amma Toa menyampaikan beberpa syarat untuk memasuki kawasannya.

Diantaranya dilarang pakai alas kaki, memotret dalam kawasa, memakai baju serba hitam dan tidak bisa memakai kendaraaan apapun memasuki kawasan tersebut, masyarakat Amma Toa dihuni kurang lebih tiga ribu jiwa.

Selain petinggi Polda Sulsel yang pernah datang, beberapa pejabat negara yang menemui kepala suku tersebut. Beberapa diataranya, termasuk mantan Wakil Presiden Yusuf Kala.

“Saya tidak hanya menemui Amma Toa, beberapa Tokoh Masyarakat lainnya saya temui untuk silaturahmi. Tujuannya untuk memantau keamanan dan memantau penerapan PPKM skala Mikro, ” kata Adeni Muhan.(Jay)

Pos terkait