NEWS

Istana Raja Bone Ludes Dilalap Api

 

Makassar, Upeks.co.id —Istana Raja Bone atau yang kini dikenal sebagai Rumah adat Bone / Museum Bola Soba, hangus terbakar, Sabtu dinihari, 20 Maret 2021.

Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik. Hampir semua replika benda pusaka Kerajaan Bone yang tersimpan di museum ini, terbakar.

Salah seorang staf dinas kebudayaan, Affian mengaku tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Ia mengaku, penyebab kebakaran akibat korsleting listrik.

“Kejadiannya tadi subuh, sekira pukul 03.15 Wita. Beruntung anak-anak sanggar yang ada di lokasi masih bisa menyelamatkan tiga lemari yang didalamnya terdapat beberapa dokumen dan replika pusaka,” katanya.

Keterangan saksi mata lainnya, Api mulai terlihat pada bagian atap kemudian menjalar ke beberapa bagian rumah.

“Saya bersama teman baru pulang dari main game. Tapi terlihat ada api di atap bola soba, banyak juga orang berteriak,” kata Fandi kepada Radar Bone (Fajar Group)

Menurut Fandi, api baru dapat dipadamkan setelah beberapa Armada Pemadam Kebakaran Bone tiba di lokasi.

“Api baru padam setelah dilakukan penyemprotan. Kami juga berusaha bantu amankan beberapa barang-barang,” tambahnya.

Polsek Tanete Riattang saat ini masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran.

Berisi Benda-Benda Bersejarah

Bola Soba adalah rumah adat yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Dukutip dari wikipedia, rumah ini merupakan rumah bangsawan dari suku Bugis. Tidak hanya itu, rumah Bola Soba juga merupakan rumah dari raja Bugis.

Kata bola soba dalam Bahasa Indonesia berarti persahabatan jadi Rumah Bola Soba berarti rumah persahabatan.

Bahan dasar dari rumah ini adalah kayu. Rumah ini mempunyai model seperti rumah panggung dengan beberapa tiang yang menyangga badan rumah.

Pada tahun 1920, Rumah Bola Soba menjadi tempat penginapan bagi tamu-tamu yang berasal dari luar negeri seperti Belanda.

Rumah Bola Soba memiliki panjang sekitar 40 meter. Teras rumah sepanjang 6 Meter, rumah induk sepanjang 21 Meter, dan bagian belakang rumah sepanjang 8 Meter.

Bagian belakang rumah umumnya digunakan sebagai dapur. Saat ini, bagian dalam Rumah Bola Soba berisi barang-barang bersejarah berupa meriam dan berbagai peralatan perang.

Saat ini, rumah ini digunakan seperti museum. Rumah Bola Soba juga sering digunakan untuk pertemuan-pertemuan adat. (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top