Guru PAI TK-PAUD Sulsel Gelar Muswil

  • Whatsapp
Guru PAI TK-PAUD Sulsel Gelar Muswil

MAKASSAR, UPEKS.co.id –Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Taman Kanak-kanak (TK) dan PAUD yang tergabung dalam Forum Komunikasi Guru (FKG) PAI TK-PAUD Sulsel, gelar musyawarah wilayah (Muswil), Sabtu (6/3/21).

Muswil dengan tema “Menjalin Silaturahmi dalam Upaya Memacu Profesionalitas Anggota dalam Mendidik dan Berorganisasi”, mengagendakan pemilihan Ketua dan Pengurus FKG PAI-TK-PAUD periode 2021-2025.

Bacaan Lainnya

Muswil Sulsel tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam, Dr H M Rasbi, SE, MM di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel.

Dalam sambutannya, Dr Rasbi berharap dan menekankan bahwa FKG sebagai wadah silaturahmi, konsultasi, konsolidasi dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru PAI TK-PAUD.

Pengurus kata Dr Rasbi, harus mampu melahirkan program yg berorientasi kepada peningkatan sumber daya guru PAI TK-PAUD. Apalagi kata DR Rasbi, Guru PAI TK-PAUD merupakan peletak pondasi yang kuat kepada peserta didik menjadi pribadi yang memiliki moral dan akhlak yang baik.

“Karena usia golden age ini merupakan usia dimana peserta didik akan merekam segala hal yang dialami dimasa tersebut. Diharpakan pula menjadi guru modis (moderat, inovatif dan inspiratif), ” harap Dr Rasbi.

Muswil FKG PAI TK-PAUD ini turut dihadiri Kepala Seksi Guru PAI pada PAUD-TK Sulsel, Dr Nurjannah, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, Dr Nurjannah memberikan arahan agar Forum FKG ini dijadikan sarana silaturrahim bagi guru pengembang PAI pada TK-PAUD.

Menurutnya, Guru PAI tidak sekedar dapat memahami dan menghayati ajaran agama Islam secara baik dan benar, namun juga menanamkan nilai-nilai luhur ajaran agama Islam sebagai landasan moral, etika dan akhlak mulia, dalam kerangka pembentukan sikap dan watak.

“Serta perilaku akhlakul karimah peserta didik melalui berbagai strategi dan model pembelajaran yang dikembangkan serta contoh keteladanan (uswatun hasanah) yang ditampilkan Guru PAI dalam kehidupan sehari- hari, ” ucap Nurjannah.

Lebih Lanjut Alumni Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Makasar ini mengharapkan,
agar Guru PAI pada TK-PAUD tidak hanya dapat melakukan transfer of knowledge, namun juga yang lebih penting dapat secara baik melakukan transfer  ethics.

“Upaya transfer of values atau ethics sekarang ini merupakan suatu keharusan dan menjadi kebutuhan mendesak dalam kerangka menegakan kembali nilai-nilai spiritual dan jati diri bangsa Indonesia ditengah berbagai krisis yang sedang melanda bangsa Indonesia, ” lanjutnya.

Dalam Muswil Itu, Nuraeni, S.Pdi Guru PAI TK-PAUD Kota Makassar, didaulat sebagai Ketua FKG PAI TK-PAUD
Provinsi Sulsel.

Usai dilantik, Nuraeni berharap wadah ini dijadikan sabagai alat kordinasi dan mendukung penuh guru-guru yang tergabung dalam FKG PAI TK-PUAD untuk berkarya, berprestasi, nengabdi demi kemajuan Pendidikan Agama Islam PAUD dan TK di negeri tercinta Indonesia, khususnya di Sulsel.

“Dalam waktu dekat pengurus wilayan akan berkordinasi dan meminta petunjuk Kepala Bidang PAIS dan Ibu Kepala Seksi Guru PAI TK-PAUD Kanwil Sulsel untuk melengkapi kepengurusan ditingkat Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Sulsel, ” tambah Nuraeni.(Jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *