Bupati Luwu Bangga Gubernur Resmikan Jalanan Latimojong Yang Gunakan Anggaran 25 Milyar 

  • Whatsapp
Bupati Luwu Bangga Gubernur Resmikan Jalanan Latimojong Yang Gunakan Anggaran 25 Milyar 

LUWU, Upeks.co.id–Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjalani kunjungan kerja di Kabupaten Luwu, Sabtu (27/3/2021). Salah satu kegiatannya pada kunker kali ini meresmikan jalanan yang telah dibangun di kecamatan terpencil yakni Latimojong.

Gubernur Sulsel didampingi Bupati Luwu Basmin Mattayang, Perwakilan Dinas PUPR Luwu,  Anggota DPRD Sulsel dari Dapil 11 Fadriaty, Husmaruddin, dan Jabbar Idris, serta sejumlah pejabat Kabupaten Luwu. Meresmikan jalan yang ditandai dengan pengguntingan pita, tepat di desa Kadundung yang ada pintu ucapan selamat datang.

Bacaan Lainnya

Andi Sudirman mengungkapkan peresmian jalan rintis dan pengeran jalan Kadundung, Kecamatan Latimojong, yang diresmikan ini,  sebelumnya termasuk  daerah yang terisolir. Warga yang ingin mengakses jalan ini harus merogoh kocek minimal 100 ribu rupiah untuk menyewa mobil off road.

“Wilayah terisolir di kabupaten Luwu ini contohnya sudah kita buka dengan anggaran yang tidak banyak sekitar 25 miliar rupiah kalau tidak salah, dan bisa langsung tepat sasaran ke masyarakat kita yang sudah turun temurun tinggal disini,” katanya.

Selain itu, Andi Sudirman juga berharap dengan peresmian ini pergerakan barang hasil pertanian bisa lebih cepat terdistribusi ke kota.

Selanjutnya, kata Andi Sudirman, setelah dilakukan pengerasan jalan akan dilakukan pengerjaan selanjutnya secara bertahap. Sehingga, Plt Gubernur meminta kepada masyarakat untuk lebih bersabar terhadap kelanjutan pembangunan jalan tersebut karena masih ada daerah-daerah lainnya yang terisolir yang harus menjadi prioritas pembangunan.

“Setelah pengerasan ini harapannya perlu stimulan harus diaspal segera. Kita mengunci tiga tahun kedepan ada pengerjaan lanjutan. Tapi tentu kita harus melihat aspek prioritas terlebih dahulu. Kita ranking ada prioritas satu, prioritas dua, dan prioritas tiga,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Basmin Mattayang menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap pemerintah provinsi khususnya kepada Plt Gubernur Sulsel, atas bantuan anggaran untuk pembukaan jalan rintis dan pengerasan jalan Kadundung, Kecamatan Latimojong sepanjang 25 kilometer.

Menurutnya, dengan telah dilakukannya pengerasan jalan tersebut, maka sebanyak lima ribu enam ratus lebih jiwa merasakan kebahagiaan karena sudah bisa lebih mudah mengakses jalan di daerahnynya dan akan meningkatkan nilai indeks secara optimal.

“Dengan pembangunan jalan ini nilai indeks masyarakat akan meningkat secara optimal. Untuk itu saya  mewakili masyarakat Kecamatan Latimojong ucapkan terima kasih banyak kita patut berbangga karena pak gubernur yang langsung meresmikan ,” terangnya.

Basmin berharap pembangun jalan  tidak berhenti sampai disini tapi dilanjutkan dengan peningkatan status. Pasalnya jika hanya pengerasan, maka ada kualitas jalan yang baru diresmikan.

Sehingga dampak perekonomian daerah lebih maksimal dirasakan. Untuk diketahui pembangunan jalanan Latimojong ini mengunakan anggaran 25 Milyar, dengan rincian pembangunan ruas jalan dari Desa Kadundung-Pajang dengan Volume 8 Km lebih Rp.10 Milyar,ruas jalan Pajang-Rante Lajang sepanjang 3Km  dengan anggaran lebih dari Rp. 5 Milyar, kemudian ruas Desa Bone Posi-Rante Lajang sepanjang 7 Km dikucurkan anggaran Rp. 9 Milyar, sedangkan ruas jalan Desa Pajang 2 Km dengan anggaran sebesar Rp.1 Milyar.

“Total anggaran Rp.25 Milyar dengan masa penyelesaian 120 hari kerja Tandas Usdin Iskandar.

Sememtara warga latimojong yang menjadi keluhan selama ini adalah akses jalan, tapi kini atas perjuangan Pemerintah Kabupaten Luwu yang berkolabirasi dengan Pemprop.Sul-sel, telah memberikan jawaban secara nyata atas dibangunnya akses yang sangat di impi-impikan oleh masyarakat daerah ini.

Kini untuk menuju ke Ibu Kota Kecamatan menjual hasil pertanian mereka sudah tidak ada hambatan karena jalanan sudah di bangun secara tuntas oleh pemerintah. (echa)

Pos terkait