Bupati Kolaka; Pandemi Covid-19 Hantam Semua Aspek Kehidupan Masyarakat

  • Whatsapp
Bupati Kolaka; Pandemi Covid-19 Hantam Semua Aspek Kehidupan Masyarakat

KOLAKA, UPEKS.co.id–Bencana kesehatan pandemi Covid-19 telah menyebabkan hantaman yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya pada sektor kesehatan akan tetapi semua sendi-sendi sosial ekonomi masyarakat menjadi rentan serta kinerja pemerintahan turut terganggu.

Hal itu diungkapkan Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) H Ahmad Safei saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang) perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Tahun 2019-2024 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Tahun 2022, berlangsung di salah satu hotel di Kolaka pada(29/3/21).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya meluasnya skala dampak pandemi Covid-19 telah menyebabkan tidak maksimalnya produksi beberapa sektor ekonomi, khususnya di sektor pertambangan dan penggalian sehingga mengoreksi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kolaka yang terkontraksi mencapai minus 4,09 %.

Namun beberapa sektor ekonomi lainnya tetap eksis, bahkan bertumbuh hingga mencapai lima sampai tujuh persen seperti sektor pertanian, industri, perdagangan dan jasa lainnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa sektor ekonomi dasar mampu bertahan dalam kondisi sulit sekalipun,”ujar Safei.

Selain itu kata Bupati Safei kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan Pemerintah beradaptasi dalam perencanaan pembangunan daerah, salah satunya dalam hal penyiapan pembiayaan pembangunan baik di kabupaten/kota, provinsi maupun pusat mengarah pada tingkat pemerintah tiga hal pokok, yaitu darurat kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi dengan melibatkan peran serta masyarakat, dunia usaha, dunia akademik dan media sebagai pilar pembangunan daerah.

Dan beberapa hari yang lalu baru saja dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung pemuda, yang merupakan bagian dari program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dari dunia usaha.

“Saya berharap kedepannya akan lebih banyak lagi program dan kegiatan serupa dari BUMN atau BUMS yang lain sebagai wujud sinergitas pilar pembangunan daerah,”harap Safei.(pil)

Pos terkait