Tunggu Putusan MK, Pemprop Sulsel Siapkan Penjabat Bupati di 5 Daerah Ini

  • Whatsapp

Makassar, Upeks.co.id–Masa jabatan kepala daerah/ wakil daerah di 10 kabupaten kota di Sulawesi Selatan akan berakhir pada tanggal 17 Februari 2021 mendatang.

Sementara dari 12 kabupaten/ kota di Sulsel yang menggelar pilkada serentak 2020 lalu, diketahui 7 daerah telah ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon kepala daerah dan wakil daerah terpilih karena tidak mengajukan gugatan pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketujuh daerah itu adalah kota Makassar, Gowa, Maros Soppeng, Selayar, Toraja dan kabupaten Toraja Utara.

Sementara 5 daerah yang mengajukan permohonan perselisihan hasil piemilu (PHP)  adalah Luwu Timur, Luwu Utara, Barru, Pangkep dan kabupaten Bulukumba.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pempro Sulawesi-selatan, Andi Aslam Patonangi kepada Upeks, Selasa (02/02/2021)  mengatakan, mengenai pelantikan kepala daerah/ wakil daerah terpilih hasil pilkada 2020 akan dilakukan sehabis masa jabatan berakhir.

“ Pelantikan tersebut nantinya diagendakan yang ditandai dengan surat keputusan pemerintah pusat,” kata Aslam.

Menurut mantan bupati Pinrang ini, pelantikan ini akan mundur jika ada gugatan yang dilayangkan pasangan calon di suatu daerah, sembari menunggu putusan MK.

“ Jadi untuk 5 daerah yang akan habis masa jabatannya karena gugatannya masih bergulir di MK, akan kami ajukan pertimbangan ke pimpinan (bapak Gubernur) menunjuk penjabat atau pelaksana harian bupati mulai 17 Februari 2021 nanti ” beber Aslam.

Seperti diketahui, dari 270 daerah yang menggelar pilkada serentak di tahun 2020 lalu, 132 daerah mengajukan permohonan sengketa, termasuk 5 kabupaten di Sulawesi- Selatan.

Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang dismissal (pengucapan putusan sela) yang dijadwalkan  pada tanggal 15-16 Februari mendatang. Dari putusan sela ini akan diketahui apakah sidang sengketa berlanjut atau tidak. Jika masih berlanjut maka putusan akhir sidang MK diagendakan dari tanggal 19 -24 Maret mendatang. (aco). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *