ANEKA

Jaksa Geledah Dinas Koperasi, Sudah Tahap Penyidikan

Jaksa Geledah Dinas Koperasi, Sudah Tahap Penyidikan

PAREPARE, UPEKS.co.id—Kejaksaan selain sebagai aparat penegak hukum, juga merupakan bagian dari Pemerintah, sehingga Kejaksaan turut mendukung program-program Pemerintah, dalam hal ini program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kejaksaan mengawal dan memastikan bahwa bantuan permodalan bergulir tidak diselewengkan/disalahgunakan dalam pelaksanaannya.

Kejari Parepare menjalankan garis kebijakan Pusat, yakni turut melakukan langkah-langkah agar bantuan permodalan UMKM benar-benar tepat diterima oleh masyarakat yang membutuhkan dan digunakan secara tepat untuk menggerakkan roda perekenomian mikro/UMKM. Dalam bingkai itulah Kejari Parepare mengambil langkah- langkah penegakan hukum.

Terkait itu, Selasa 02 Februari 2021 pukul 14.00 WITA tim penyidik Kejaksaan Negeri Parepare dipimpin Plt. Kajari Parepare, Priyambudi, SH., MH melakukan penggeledahan di Dinas Tenaga Kerja, Bidang Koperasi serta Kantor Koperasi Metro Madani Parepare.

“Dalam rangka Penyidikan Perkara Tindak Pidana Korupsi Dugaan Penyimpangan Penerima Bantuan Pinjaman dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) terhadap Penerima Bantuan Koperasi Metro Madani pada tahun 2013-2014 kita geledah, ” kata PLT Kajari Parepare Priyambudi.

Itu berdasarkan Sprindik Nomor: 1567/P.41.11/Fd.2/12/2020 tanggal 10 Desember 2020 maka dilakukan rangkaian tindakan penyidikan, yaitu penggeledahan dan penyitaan berbagai berkas dan dokumen yag ada di Dinas Tenaga Kerja, Bidang Koperasi serta Kantor Koperasi Metro Madani kota Parepare.

Hal sama disampiikam oleh kasi Intel ,Aquani mengatakan bahwa penggeledahan dan penyitaan ini dilakukan setelah tim Penyidik yang terdiri dari Kasi Pidsus (Muh. Husairi, SH), Kasi Pengelolaan BB (Alkaf, SH), Kasi Datun (Rahmat, SH) dan Kasi Intel (Aguwani, SH) mendapatkan surat ijin penggeledahan.

“Ada ijin geledah dari Pengadilan Negeri Parepare dan disaksikan oleh Kelurahan Cappa Galung, dan Ketua RT/RW setempat,” ujarnya.

Kegiatan penyitaan dan penggeladahan ini merupakan bagian dari rangkaian tindakan penyidikan dalam mengumpulkan alat bukti bukti untuk membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi guna menemukan tersangkanya. (Ama)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top