SULBAR - SULTRA

Hj Halijah Pejuang Perempuan Kolaka Wafat

Hj Halijah Pejuang Perempuan Kolaka Wafat
KOLAKA, UPEKS.co.id–Hj Halijah H Mendong NVP.2.005.210 salah seorang pejuang perempuan di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) telah wafat pada(22/2/21).
Siaran pers yang direalise oleh salah seorang anak almarhumah H Bakri Mendong kepada media ini pada(23/2/21) menjelaskan bahwa almarhumah lahir di Kolaka pada tanggal 29 Februari 1920.
” Jadi almarhumah ini wafat dalam usia yang mencapai 101 tahun,”ungkap Bakri.
Dikatakannya almarhumah semasa hidupnya ikut berjuang bersama suami H Mendong sebagai bagian logistik bersama para pejuang wanita lainnya di tahun 1945 bersama untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan dimasa revolusi baik pada zaman pendudukan Jepang maupun agresi belanda tahun 1945 sampai tahun 1949.
“Semasa hidupnya almarhumah juga aktif mengurus organisai Persatuan Istri Veteran(Piveri) Kolaka,”ujar Bakri.
Lanjut Bakri bahwa almarhumah dimakamkan di pemakaman keluarga dilaksanakan dengan prosesi semi militer. Dihadiri oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei, unsur Forkopimda, Camat Kolaka Amri Jamaluddin, Ketua LVRI, dan Minvetcad Kodam IV Hasanuddin sekaligus membacakan secara singkat riwayat hidup perjuangan almarhumah.
Almarhumah Halijah kata Bakri seorang pejuang pemegang bintang tanda jasa perjuangan, meninggalkan enam orang anak, 21 cucu dan 40 cicit.
“Almarhumah adalah nenek dari Haerul Saleh anggota DPR RI politisi Gerindra,”ujar Bakri.(pil)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top