Hasil Pleno KPU Tetapkan Paslon 1 Husler – Budiman Pemenang Pilkada 2020

  • Whatsapp
Hasil Pleno KPU Tetapkan Paslon 1 Husler - Budiman Pemenang Pilkada 2020

LUTIM.UPEKS.co.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada) tahun 2020 Kabupaten Luwu Timur di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Luwu Timur, Sabtu (20/02/2021).

Rapat pleno ini digelar pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang menolak gugatan Pilkada di Kabupaten Luwu Timur 2020, yang diajukan Paslon nomor urut 02 Irwan Bachri Syam – Andi Muhammad Rio Patiwiri.

Bacaan Lainnya

Di deretan kursi undangan, tampak Plh. Bupati Kabupaten Lutim, H. Bahri Suli, Unsur Forkopimda, Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja dan Komisioner serta Paslon nomor urut 01 Budiman Hakim dan para pimpinan partai politik pengusung paslon.

Ketua KPUD Lutim, Zainal mengatakan, rapat pleno penetapan Bupati dan Wabup terpilih pada Pilkada serentak 2020 ini untuk menetapkan Paslon nomor urut 01, H. Muhammad Thoriq Husler – H. Budiman sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih tahun 2020.

Itu sesuai Surat Keputusan KPU Kabupaten Luwu Timur Nomor. 02/PL.02.7-KPt./7324/KPU-Kab/II/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur tahun 2020.

“KPUD Luwu Timur menetapkan pasangan nomor urut 01, H. Muhammad Thoriq Husler – H. Budiman sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Luwu Timur, setelah MK memutuskan menolak gugatan paslon 02 pada Pilkada Kabupaten Luwu Timur,” kata Zainal.

“Dengan digelarnya rapat pleno penetapan Paslon terpilih ini, tugas KPUD Kabupaten Luwu Timur telah selesai,” tambahnya.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Luwu Timur akan segera mengusulkan pelantikan yang akan dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara serentak dan bertahap, melalui DPRD Kabupaten Luwu Timur.

“Kita akan segera menyampaikan surat pengantar, surat keputusan berita acara dan termasuk dokumen persyaratan kepada pimpinan DPRD, selanjutnya pimpinan DPRD yang melakukan proses pengusulan dan pengesahan ke Kemendagri melalui Gubernur Sulawesi Selatan,” tuturnya.

Usai membacakan ketetapan hasil putusan, selanjutnya Komisioner KPUD Menandatangani Berita Acara Penetapan Paslon Terpilih kemudian menyerahkan Berita Acara Penetapan Paslon terpilih pasca putusan MK pada pemilihan Bupati dan Wabup masing-masing kepada Ketua DPRD Kabupaten Lutim, Perwakilan Gabungan Partai yang mengusulkan, Paslon Bupati dan Wakil Bupati serta Ketua Bawaslu Luwu Timur.

Selanjutnya, KPUD Luwu Timur juga menyerahkan Salinan Surat Keputusan Penetapan Paslon terpilih kepada Plh. Bupati Luwu Timur dan unsur Forkopimda Kabupaten Luwu Timur.

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Plh. Bupati Luwu Timur, H. Bahri Suli mengapresiasi serta menyampaikan rasa syukur karena pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2020 pada 09 Desember 2020 lalu berjalan dengan aman, lancar, dan sukses.

“Bahkan selama tahapan pilkada berlangsung hingga dikeluarkannya putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Alhamdulillah situasi dan kondisi daerah Kabupaten Luwu Timur tetap dalam suasana harmonis dan kondusif,” ujar H. Bahri Suli.

“Suksesnya penyelenggaraan pilkada ini tak lepas dari peran serta seluruh elemen penyelenggara serta dukungan seluruh pihak terkait,” tambahnya.

Pelaksanaan Rapat Pleno KPU ini, kata H. Bahri Suli, merupakan bagian akhir dalam tahapan kontestasi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah tahun 2020, olehnya itu, Plh Bupati ini mengajak seluruh masyarakat Luwu Timur mengakhiri fase kampanye, dan menghentikan hujatan di medsos.

“Perbedaan pilihan politik sudah berlalu, mari kita bekerjasama guna mewujudkan Kabupaten Luwu Timur yang maju dan sejahtera,” ajak Plh. Bupati.

Selanjutnya, Plh. Bupati, H. Bahri Suli mengucapkan selamat kepada Pasangan Calon Nomor urut 01 H. Muhammad Thoriq Husler dan Budiman sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 dengan harapan agar seluruh agenda dan program pembangunan yang menjadi visi misinya dapat direalisasikan sesuai harapan masyarakat.

Sementara kepada Pasangan Calon Nomor urut 02 Irwan Bachry Syam – Andi Muhammad Rio Patiwiri, Plh. Bupati mengucapkan terima kasih, meski belum beruntung, namun menurutnya, semua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur merupakan putra putra terbaik yang dimiliki daerah ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Plh. Bupati Luwu Timur mengajak seluruh hadirin untuk mengirimkan doa kepada Calon Bupati terpilih Ir. H. Muhammad Thoriq Husler yang telah lebih dulu berpulang ke Rahmatulllah.

Sementara Pasangan Calon terpilih Nomor urut 01, H. Budiman sebelum menyampaikan sambutannya mengajak seluruh undangan yang hadir untuk mengirimkan Al Fatihah kepada Calon Bupati terpilih Almarhum H. Muhammad Thoriq Husler yang telah terlebih dulu mendahului.

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen penyelenggara dan pihak terkait serta seluruh lapisan masyarakat yang telah berkerja sama sehingga penyelenggaran pilkada di Kabupaten Luwu Timur sukses seperti yang diharapkan bersama.

Dalam kesempatan tersebut, H. Budiman juga mengajak pasangan nomor urut 02 untuk turut bergandengan tangan bersama sama membangun Luwu Timur.

“Kepada Sahabat saya Irwan Bachry Syam dan Adinda saya Rio Patiwiri, kiranya kami tetap menunggu gagasan, ide, dan masukan untuk secara bersama-sama membangun Luwu Timur ini,” Kata H. Budiman menutup sambutannya. (hms/rls).

Pos terkait