ANEKA

Empat Hari Kumpul Donasi Koin dan Uang jajan, Siswa Serahkan Rp50 Juta-an ke Kakanwil

Empat Hari Kumpul Donasi Koin dan Uang jajan, Siswa Serahkan Rp50 Juta-an ke Kakanwil

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Ada Peristiwa mengharukan, Kamis (4/2/21) di ruang kerja Kakanwil Kemenag Sulsel H. Khaeroni. Tampak 2 Perwakilan Siswa didampingi Guru Agama Islam di Sekolah Umum (TK, SD, SMP, SMA/SMK) se Sulsel ke Kantor Kemenag Prov.

Tujuannya, menyerahkan donasi untuk korban Gempa Bumi di Sulbar.

Hanya dalam 4 hari, Donasi yang berhasil dikumpul baik dalam bentuk koin ribuan maupun sisihan uang jajan oleh para siswa di sekolah umum tersebut mencapai Rp50.085.000.

Penggalangan Donasi untuk Sulbar ini diinisiasi sejumlah Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum binaan Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel, termasuk FPG TK/PAUD, AGPAII, KKGPAI, MGMP PAI SMA/SMK.

Menurut Kabid PAIS H. Muh. Rasbi, donasi siswa sekolah ini bentuk empati mereka kepada saudara saudaranya korban gempa di Sulbar. Itulah yang memunculkan sikap ingin berbagi.

”Kami yakin, ini salah satu indikator keberhasilan para guru guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan dan menanamkan nilai nilai solidaritas kepada anak didiknya,” ungkap Rasbi.

Usai menerima donasi yang diserahkan perwakilan siswa, Muhammad Farhel Putra Pratama, Siswa kelas 9 SMPN 6 Makassar dan Nurhaliza siswi kelas IV SD Negeri Tombolo K, Kec. Pallangga Kab. Gowa, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni beterima kasih atas kepeduliannya.

”Jujur, saya Kaget sekaligus terharu, atas pengumpulan dan penyerahan dononasi tersebut,” kata kakanwil.

Pihaknya berterima kasih kepada semua ananda baik yang dari TK, SD, SMP dan SMA /SMK yang ikhlas menyisihkan sebagian uang jajannya dan mengumpulkan donasi untuk saudara kita di Sulbar.

”Sedikit banyaknya nilainya, Insya Allah bernilai Ibadah dan akan bermanfaat bagi saudara saudara kita yang terdampak bencana,” ungkapnya.

Empat Hari Kumpul Donasi Koin dan Uang jajan, Siswa Serahkan Rp50 Juta-an ke Kakanwil

Kakanwil juga mengaku bangga atas inisiatif gerak cepat Kabid PAIS dan Seluruh Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam di Semua jenjang Sekolah Umum Sulsel. Meskipun skalanya untuk bantuan Bencana Alam di Sulbar, tapi efeknya sangat dahsyat. Hanya 4 hari siswa kita bisa mengumpulkan nominal puluhan juta dari koin ribuan.

“Ini semakin menguatkan keyakinan saya akan kesuksesan Gerakan Sejuta Koin Wakaf untuk Pembangunan Madrasah dan Pesantren di Sulsel yang sejak awal sudah saya kampanyekan. Ternyata saya Baru kampanye, Pak Kabid PAIS sudah Action dengan Gerakan senyap,” ungkap Khaeroni disambut Tawa.

Asumsi saya, Jika mengandalkan anggaran dari APBN atau APBD itu tidak akan cukup, terlebih jumlah Madrasah dan Pondok Pesantren di Sulsel sangat banyak, tapi bila Gerakan wakaf ini dikeroyok dengan partisipasi yang sifatnya swadaya dan massif, Insya Allah Bangunan Madrasah dan Pondok Pesantren yang lebih baik dan layak akan terwujud, kata Kakanwil.

Selain Kabid PAIS Kanwil beserta Kepala Seksinya, Turut hadir Ketua Assosiasi Guru Pendidikan Agama Islam dari Berbagai Tingkatan diantaranya Ketua Umum AGPAII Sulsel Muhammad Ikhsan, Hardiana (FPG TK/PAUD), Hairil Warham (MGMP PAI SMP Kota Makassar), Hasanuddin (MGMP PAI SMP Sulsel), H.M. Nasir (MGMP PAI SMA), Syarifuddin (MGMP PAI SMK).

Sebagai informasi, Tim Tanggap Darurat Kanwil Kemenag Sulsel bersama sejumlah Kemenag Kab/kota, Kamis, 4 Februari 2021 kembali memberangkatkan Puluhan Armada Bantuan Tahap ke II ke Sulbar.

Sekaligus membawa Bantuan dari Kemenag RI dan Dharma Wanita Persatuan Kemenag RI melalui jalur darat. Titik kumpulnya di
Kemenag Kota Parepare.

Bantuan tersebut rencana diserahkan langsung Sekjen Kemenag RI, Prof. H. Nizal Ali, MA di Kab. Majene, Jumat, 5 Februari 2021 ke Tim Tanggap Bencana Kanwil Kemenag Prov. Sulbar. Selanjutnya disalurkan ke warga terdampak dan membutuhkan. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top