Danny-Fatma Ajak Seluruh Fraksi Berkoalisi, Ini Komentar NasDem dan Gerindra

  • Whatsapp
Danny-Fatma Ajak Seluruh Fraksi Berkoalisi, Ini Komentar NasDem dan Gerindra

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Fatmawati Rusdi akhirnya telah dilantik sebagai Wali kota dan wakil wali kota Makassar. Setelah pelantikan di Rujab Gubernur Sulsel, Danny-Fatma menuju ke DPRD Makassar untuk menghadiri Rapat paripurna perdananya, dan menyampaikan pidato.

Dalam pidato tersebut, Danny dan Fatma menjelaskan sejumlah program prioritasnya yang akan dijalankannya selama memimpin Makassar. Mulai dari penuntasan masalah Covid-19, hingga perbaikan birokrasi.

Bacaan Lainnya

Di akhir-akhir pidatonya, Danny mengajak seluruh fraksi di DPRD Makassar untuk berkoalisi.

“Bersama NasDem dan Gerindra, mari kita berkoalisi demi hari ini, hari nanti, dan untuk menjaga Makassar. Mari keluarkan budaya saling menghargai sipakatau, sipakainge, dan sipakalebbi. Demi siri na pacce mari bersatu untuk masyarakat yang kita cintai menuju masa depan Makassar menuju dua kali tambah baik,” ujarnya.

NasDem dan Gerindra memandang ajakan tersebut sebagai sesuatu yang positif dan baik untuk menjalankan roda pemerintahan Makassar ke depan. Anggota Fraksi NasDem, Irwan Djafar mengatakan, bersatunya seluruh fraksi di DPRD Makassar bersama Danny menjalankan roda pemerintahan dapat memperkuat pemerintahan.

Fraksi NasDem mendukung ajakan tersebut dan ikut mengajak seluruh fraksi untuk mendukung program-program Danny yang dianggap baik masyarakat. “Kalau program Pak Danny itu bagus mari kita dukung,” ujarnya.

Tapi kalau ada yang keliru bisa kita kritisi dan luruskan. Kita berharap pemerintahan ini bisa kuat. Karena pemerintahan itu eksekutif dan legislatif.

Jadi tidak ada yang salah kita apresiasi jika ada fraksi yang mau
bergabung,” tambah Irwan Djafar, saat ditemui di DPRD Makassar, Jumat (26/2/2021).

Irwan menegaskan jika DPRD Makassar memiliki tugas pengawasan. Saat Danny-Fatma menjalankan tugas membangun Makassar, maka di sinilah fungsi DPRD Makassar dalam mengawasi setiap program dan kebijakan Danny-Fatma. Bagi Irwan, fraksi di DPRD Makassar memang perlu bersinergi dengan pemerintahan namun tetapmenjalankan fungsi pengawasannya.

“Karena pemerintahan yang bagus itu adalah pemerintahan yang pengawasannya melekat. Sehingga yang kita butuhkan pemerintahan yang solid adalah pemerintahan yang bersinergi antara eksekutif dan legislatif. Hari ini tidak ada lagi dikotomi, sekarang kita bersatu,” ujarnya.

Jika kemudian ada fraksi yang memutuskan untuk beroposisi, Irwan tak mempermasalahkannya. Karena keputusan beroposisi adalah hak setiap fraksi. Apalagi undang-undang membenarkan memberi ruang untuk beroposisi.

Namun, Fraksi NasDem tetap berharap setiap fraksi di DPRD Makassar tetap bersatu. “Dengan catatan, kalau ada yang menyimpang dari regulasi mari kita luruskan, tapi kalau ada yang bagus mari kita dukung ramai-ramai,” ujarnya.

Fraksi Gerindra juga menganggap ajakan untuk berkoalisi dari Danny sebagai suatu hal yang bagus. Ketua Fraksi Gerindra Makassar, Eric Horas mengatakan, Pilkada telah selesai dan tidak ada lagi gesekan politik. Maka ia meneruskan ajakan Danny untuk berkoalisi dalam hubungan kekeluargaan antara eksekutif dan legislatif.

“Tentu teman-teman fraksi ingin melihat Makassar jauh lebih baik. Di mana pemerintah dengan lembaga legislatif ini harus ada komunikasi dan koordinasi yang baik. Maka itu salah satu ajakan Beliau dan Beliau yang memulai mengajak ke seluruh fraksi lain untuk berkoordinasi dan berkomunikasi,” ujarnya.

Jika kemudian hari ada pertentangan antara eksekutif dan legislatif, Eric memandangnya sebagai dinamika yang biasa dalam pemerintahan. Yang pastinya Eric berharap pemerintahan Danny-Fatma berjalan dengan baik dan mulus.

“Apalagi tadi Beliau dengan semangatnya mengajak seluruh fraksi untuk ikut bersama-sama membangun Makassar ini,” tandasnya. (jir)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *