ANEKA

43 Personel Polres Pelabuhan Makassar Penyintas Covid-19 Ikut Tes Plasma

43 Personel Polres Pelabuhan Makassar Penyintas Covid-19 Ikut Tes Plasma

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sebanyak 43 penyintas Covid-19 di Polres Pelabuhan Makassar, ikuti screening pengambilan sampel plasma kovalesen, di Aula Patria Tama Polres Pelabuhan Makassar, Selasa (16/2/21).

43 personel Polri yang mengikuti screening tersebut, mereka merupakan penyintas atau orang yang pernah terpapar Covid-19 beberapa waktu lalu dan dinyatakan telah sembuh.

Sebelum mendonorkan plasmanya, para penyintas Covid-19 itu, harus melalu beberapa tahapan screening oleh Unit Transfusi Darah Kota Makassar. Seperti pemeriksaan tensi, pengambilan sampel darah serta pemeriksaan riwayat penyakit.

Setelah lolos tahapan screening, para penyintas akan diambil plasmanya untuk diberikan kepada pasien terinfeksi Covid-19.
Plasma darah dari mereka yang telah sembuh dari Covid-19 ini dianggap sangat membantu.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Kadarislam mengatakan,
plasma darah dari penyintas Covid-19, diklaim dapat menjadi pertolongan pertama untuk menyelamatkan mereka yang gejala berat dan kritis.

“Pemberian plasma itu merupakan salah satu alternatif yang sangat efektif untuk sembuh. Ini juga merupakan kegiatan UTD Kota Makassar di Polres Pelabuhan Makassar, ” kata mantan Kapolres Bone ini didampingi Ketua PMI Cabang Makassar, Syamsul Risal.

“Kegiatan ini merupakan upaya dukungan dari polisi untuk membantu pencarian plasma konvalesen yang masih langka dan sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19, ” tambah Kadarislam.

Perwira Polri dua bunga ini berharap, dari 43 personel yang mengikuti screening itu, agar semuanya dapat lolos dan mendonorkan plasmanya, demi kemanusian.

“Memang ini tidak mudah, namun saya berharap dari sekian banyak anggota yang mengikuti screening ada beberapa yang bisa lolos, sehingga bisa membantu saudara kita yang membutuhkan, ” harap Kadarislam.(Jay)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top