Wabup Sidrap Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

  • Whatsapp
Wabup Sidrap Buka Musrenbang Perubahan RPJMD 2018-2023

SIDRAP UPEKS.co.id— Pemkab Sidrap gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sidrap Tahun 2018-  2023, di Aula Kompleks SKPD Sidrap, Selasa 26 Januari 2021.

Wakil Bupati Sidrap, H. Mahmud Yusuf membuka secara resmi kegiatan yang digelar secara terbatas dengan  penerapan protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 1420 Sidrap Lerkol Inf Dodi Nur Hidayat, Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan,  Kakan Kemenag Sidrap, H. Irman, Kasi Intel Kejari Sidrap, Muhammad Ikbal dan Kepala Bappelitbangda Sidrap,  Andi. Muhammad Arsjad.

Turut hadir para Asisten dan Pimpinan OPD, Kabag, Camat, dan Tim Ahli Penyusun Dokumen Perubahan RPJMD  Kabupaten Sidenreng Rappang. Tampak pula Kepala Instansi Vertikal, r
Rektor/Ketua Perguruan Tinggi, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, pimpinan organisasi kemasyarakatan,  LSM, dan tamu undangan lainnya.

Kabid Perencanaan Makro dan Pembangunan manusia Bappelitbangda Sidrap, Herwin, mengatakan musrenbang
itu bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah  kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal perubahan RPJMD  Kabupaten Sidenreng Rappang.

“Selanjutnya berbagai masukan dan permasalahan yang disampaikan dalam musrenbang ini akan dijadikan bahan
dalam penyusunan dan penyempurnaan Rancangan Akhir Perubahan RPJMD,” urai Herwin membacakan laporan
panitia.

Herwin menambahkan, penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Sidrap tahun 2018-2023 telah melalui  beberapa tahapan.

Diantaranya, konsultasi publik rancangan awal perubahan RPJMD, Rabu 18 November Tahun  2020 disusul penyampaian rancangan awal kepada DPRD dan sudah mendapat Nota Kesepakatan Pemkab
Sidrap dengan DPRD Sidrap, Jumat 18 Desember Tahun 2020 lalu.

“Selanjutnya konsultasi dan fasilitasi rancangan awal RPJMD oleh Gubernur melalui Bappedalitbangda Provinsi  Sulsel yang telah dilaksanakan Rabu 30 Desember tahun 2020,” tutupnya.

Wabup Sidrap, Mahmud Yusuf saat membuka acara mengatakan, penyusunan perubahan dokumen RPJMD ini  sudah sejalan dengan arahan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017. Beberapa hal pokok,  jelasnya, mendasari mengapa harus dilakukan perubahan RPJMD yakni dampak pandemi Covid-19 dan
perubahan kebijakan Nasional yang banyak berpengaruh terhadap target indikator tujuan, sasaran, maupun  program yang sudah ditetapkan.

“Oleh karena itu, pelaksanaan musrenbang perubahan ini merupakan agenda strategis. Perubahan RPJMD  dimaksud, selanjutnya dijabarkan kedalam dokumen perubahan rencana strategis perangkat daerah (renstra) dan  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai acuan untuk dilaksanakan secara konsisten, selaras dan  sesuai dengan target yang ditetapkan,” ungkap Mahmud Yusuf

Mahmud Yusuf juga meminta kesesuaian visi, misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD senantiasa diperhatikan,  karena konsistensi penjabarannya menentukan efektivitas pembangunan daerah.

“Indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh Tim Penyusun RPJMD dan tim ahli agar dijadikan acuan  dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah,” pesan Mahmud Yusuf.

Selain itu, Wabup Sidrap Mahmud Yusuf juga mengajak seluruh OPD agar menjaga komitmen dalam proses  perencanaan dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD, renstra OPD, RKPD dan renja OPD, agar tercipta dokumen  perencanaan yang selaras dan berkualitas.

“Kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program dan kegiatan yang  disusun OPD benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi-misi kepala daerah  dengan indikator kinerja yang terukur,” urainya lagi.

Mahmud Yusuf selanjutnya berharap seluruh peserta dan perangkat daerah untuk mengikuti musrenbang dengan  seksama, sehingga didapat masukan berharga dalam penyempurnaan penyusunan dokumen.

“Seluruh peserta diharapkan berkontribusi dan memberikan input serta dirumuskan dalam berita acara  kesepakatan hasil musrenbang perubahan RPJMD yang ditandatangani setiap unsur yang mewakili pemangku  kepentingan sebagai dasar dalam proses penyempurnaan rancangan perubahan RPJMD menjadi rancangan
akhir perubahan RPJMD,” harap Mahmud Yusuf.

“Semoga kerjasama yang telah terbina ini dapat dipelihara dan ditingkatkan terus di masa yang akan datang demi  keberhasilan tugas-tugas kita bersama, terutama dalam membangun Kabupaten Sidenreng Rappang yang kita  cintai ini,” pungkas Mahmud Yusuf. (Risal Bakri).

Pos terkait