PKK Sulsel Kunjungi dan Edukasi Kelompok Usaha A’bulo Sibatang Kelurahan Takalar

  • Whatsapp
PKK Sulsel Kunjungi dan Edukasi Kelompok Usaha A'bulo Sibatang Kelurahan Takalar

Makassar, Upeks.co.id–TP PKK Provinsi Sulsel di bawah kepemimpinan Liestiaty F. Nurdin mengunjungi kelompok usaha A’bulo Sibatang di Kelurahan Takalar, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar.

PKK Sulsel Kunjungi dan Edukasi Kelompok Usaha A'bulo Sibatang Kelurahan Takalar

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2021 itu, pengurus TP PKK Sulsel juga mengedukasi kelompok usaha A’bulo Sibatang tentang pengemasan dan kurasi produk.

Hadir dalam edukasi pengemasan dan kurasi produk, yakni Sekretaris TP PKK Sulsel, Zulfitriany D. Mustaka, SP. MP dan pengurus Unit Galery TP PKK Provinsi Sulsel, Sudiana. Turut hadir Lurah Takalar, Ratna Ningsih.

“Kunjungan kami dari TP PKK Sulsel ini untuk memotivasi kelompok usaha dan membangun jaring pemasaran agar usahanya bisa berkembang,” ungkap Zulfitriany, Minggu (3/1/2021).

Perempuan yang akrab disapa Ijul ini menjelaskan, kelompok usaha A’bulo Sibatang merupakan salah satu kelompok yang berhasil lolos dalam bantuan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang diperuntukkan bagi pembentukan wirausaha baru. Program ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang putus mata pencarian selama pandemi Covid-19, agar mampu produktif dengan adanya dana pembelian bahan dan sarana memulai wirausaha.

Syarat pengajuan program tersebut, lanjut Ijul, yaitu kelompok terdiri atas 20 orang dan telah menetapkan jenis usaha dan memiliki komitmen untuk membentuk kelompok usaha secara bersama. Pertimbangan kelolosan, diantaranya jenis usaha yang diajukan, kesiapan lokasi dan SDM.

“Alhamdulillah, program yang dikompetisikan secara luas kepada kelompok-kelompok baru di bulan Oktober 2020 lalu ini, telah meloloskan puluhan kelompok usaha. Salah satunya A’bulo Sibatang. Kelompok ini mengajukan jenis usaha yang sedang naik daun, yaitu produk Tie Dye, beragam produk melalui teknik Batik Shibori. Produk yang dibuat adalah jilbab, baju pesta, kain pantai, outfit hingga mukenah,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Takalar, Ratna Ningsih mewakili kelompok usaha A’bulo Sibatang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) yang telah memberikan bantuan kepada kelompok usaha yang terdampak pandemi Covid-19, salah satunya kelompok usaha A’bulo Sibatang.

“Terima kasih juga kepada PKK Provinsi Sulsel di bawah kepemimpinan Ibu Lies F. Nurdin yang telah berkunjung dan mengedukasi kelompok usaha. Semoga dengan edukasi ini, usaha para kelompok ini bisa berkembang dan penghasilan mereka dapat meningkat. Sehingga mampu meringankan beban para anggota kelompok di masa pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.(rif)

Pos terkait