Menginspirasi, Bupati Enrekang Tetap Sehat Dan Bugar Di Usia Senja

Menginspirasi, Bupati Enrekang Tetap Sehat Dan Bugar Di Usia Senja
Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando,M.Pd bersama Istrinya Dra. Hj. Johra MB, M. P.d ditemani Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Umaruddin saat sedang menikmati rebusan daun benalu batu yang di racik oleh Hj. Johra. –foto:sry–

ENREKANG, UPEKS.co.id — Bupati Enrekang,Drs. H. Muslimin Bando,M.Pd berbagi resep hidup sehat meski sudah memasuki usia senja. Bupati yang dikenal sebagai salah satu Kepala Daerah yang sangat energik dan penuh semangat ini ternyata sudah berusia 64 tahun namun masih segar,bugar dan tetap Fit dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati.

Selain menjaga kesehatan, berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, MB dan keluarga ternyata selama ini  juga rutin mengonsumsi ramuan benalu batu.

Bacaan Lainnya

“Kalau melihat dari sisi biologis, seharusnya saya sudah tidak produktif. Namun karena pola hidup yang selama ini terus dibiasakan maka semuanya masih bisa saya lakukan. Salah satu yang dibiasakan adalah pola makan dan minum yang sehat,” ungkap MB.

MB menjelaskan benalu batu di Enrekang dikenal dengan nama Simbojang. Ia rutin minum seduhan ramuan ini, apalagi ditengah pandemi Covid-19.

Istrinya, Johra MB sendiri yang membuatkan ramuan ini. Johra mengatakan Bumi Massenrempulu amat kaya dengan tanaman obat-obatan keluarga. Hal ini patut disyukuri dan dikelola dengan tepat.

” Tinggal bagaimana kita ketahui manfaat dan cara mengolahnya. Hampir semua jenis tanaman obat bisa dengan gampang kita temukan di Enrekang. Jahe, Kunyit, dan Benalu Batu,” kata Johra.

Oleh karananya, Johra MB meyakini hidup sehat tidak mesti mahal. Kebiasaan hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing, dengan memanfaatkan tumbuhan dari sekitar kita.

Dilansir dari Sumber Sehat, berikut manfaat Benalu Batu yang sering dikonsumsi keluarga MB;

1. Mengobati Kanker

Khasiat benalu batu yang ramai dibicarakan masyarakat yaitu bisa mengobati kanker. Benalu batu memiliki kandungan zat yang bisa digunakan untuk mematikan sel-sel kanker yang ada tubuh, diantaranya yaitu senyawa saponin, senyawa tanin, senyawa flavonoid, dan senyawa polifenol.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa yang sering ditemukan di alam obat penyakit kanker. Karena adanya senyawa itulah salah satu manfaat daun benalu batu yaitu bisa digunakan untuk mematikan sel-sel kanker yang mematikan. Cara untuk mengkonsumsi benalu batu ini biasanya direbus dan diminum air hasil ekstrak daun benalu tersebut.

2. Mengobati Epilepsi

Orang eropa sejak abad ke 16 menggunakan khasiat daun benalu batu sebagai obat herbal tradisional untuk berbagai masalah kesehatan syaraf, salah satunya adalah epilepsi. Penderita penyakit epilepsi, biasanya mengalami kesulitan untuk mengontrol gerakan tubuhnya sendiri.

Dengan menggunakan manfaat benalu batu ini, mereka mengobati gangguan kesehatan epilepsi. Mereka menyeduh daun daun benalu batu dan meminum ekstrak. Kebanyakan dari mereka membuktikan bagaimana ampuhnya obat herbal dari benalu batu ini.

3. Mengurangi Dengkur ketika Tidur

Memiliki dengkuran ketika tidur, mungkin bagi yang mengalami tidak akan merasakan apapun namun, akan sangat mengganggu bagi pasangan tidur. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang mendengkur ketika tidak merupakan salah satu indikasi adanya penyakit di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan dan mengkonsumsi khasiat daun benalu batu.

Untuk mendapatkan dan bisa merasakan manfaat daun benalu batu, anda isa mengolah daun benalu menjadi teh. Langkah pertama anda harus memilih daun, mencucinya dan mengeringkan daun tersebut. Setelah dira cukup kering, anda bisa menyeduh dan menambahkan sedikit madu atau gula.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah bukanlah sebuah penyakit yang sepele, karena tekanan darah akan menjadi sumber penyakit-penyakit lainnya, bahkan penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Anda bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi anda dengan menggunakan manfaat benalu batu dengan cara menyeduhnya atau merebus daun benalu batu.

5. Mengobati Radang Sendi

Penyakit peradangan pada bagian persendian atau biasa disebut dengan radang sendi umumnya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Namun, penyakit ini tidak jarang juga menyerang orang orang yang masih muda belia. Nah, bagi anda yang memiliki keluhan penyakit radang sendi ini, anda bisa mencoba khasiat benalu batu untuk meredakan penyakit yang anda alami.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kandungan yang ada di dalam manfaat benalu batu dapat membantu untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi pada bagian persendian. Untuk meringankan penyakit arthritis, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun benalu batu yang sudah dibersihkan secara rutin agar keluhan anda terhadap peradangan akan berkurang.

6. Mengatasi Detak Jantung yang Tidak Normal.

Memiliki detak jantung yang tidak normal merupakan salah satu indikasi bahwa terdapat penyakit serius yang ada di dalam tubuh. Untuk mengatasi detak jantung yang tidak normal pada umumnya, masyarakat Cina sejak dahulu sudah menggunakan khasiat benalu batu bagi kesehatan sebagai obat ramuan herbal yang dipercaya bisa mengobati penyakit ini.

Beberapa peneliti pun sudah melakukan uji coba terhadap manfaat benalu batu yang dapat mengobati dan mengatasi etk jantung yang tidak normal ini. Kandungan zat yang terdapat di dalam benalu batulah yang bisa menyebabkan daun benalu ini digunakan untuk mengatasi detak jantung tak normal.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Memiliki peredaran darah yang lancar sudah dipastikan akan membuat seluruh tubuh terasa sehat. Hal ini dikarenakan darah yang mengalir ke seluruh tubuh ini membawa banyak nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh dari minuman dan makanan yang anda konsumsi yang akan mempertahankan kesehatan. Darah juga membawa sebagian besar oksigen yang sangat berguna.

Nah, jika oksigen dan nutrisi yang ada di dalam darah tidak terdistribusi secara baik, maka akan menimbulkan beberapa penyakit lainnya yang bisa fatal bagi kesehatan. khasiat benalu batu sendiri bisa memperlancar peredaran darah yang ada di dalam tubuh sehingga nutrisi dan oksigen yang ada di dalam darah bisa terdistribusi ke seluruh tubuh.

8. Membunuh Sel Tumor

Dalam tumbuhan benalu batu terdapat kandungan zat anti kanker yang bisa mencegah pembesaran tumor di dalam tubuh. Kandungan zat ini bisa membunuh sel-sel tumor yang dapat berubah menjadi kanker yang ganas dan mematikan. Anda bisa mencoba manfaat benalu batu ini agar bisa mematikan sel-sel tumor dan tidak cepat berubah menjadi kanker yang ganas dan mematikan.

9. Obat Pusing

Khasiat daun benalu batu bagi kesehatan lainnya yang bisa anda peroleh yaitu sebagai obat pusing. Cara mengolah daun benalu sebagai obat pusing yaitu dengan cara mengolahnya menjadi teh dan menyeduh dan mengkonsumsinya selagi hangat. Perlahan, pusing yang anda alami akan segera mereda dan akan segera sembuh.

10. Obat Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya sebuah virus hepatitis yang menyerang imunitas tubuh. Kebanyakan, penyakit hepatitis ii merusak dan menyerang organ hati dn jika dibiarkan lama-lama akan menjadi kanker hati. Manfaat benalu batu untuk obat hepatitis bisa berupa ekstrak daun benalu atau teh yang berasal dari daun benalu.

11. Mencegah Pendarahan ketika Hamil dan Keguguran

Mengalami pendarahan dan keguguran merupakan suatu hal yang sangat tidak diinginkan bagi semua orang. Banyak masyarakat dahulu yang mempercayai salah satu khasiat benalu batu bagi kesehatan yaitu dapat mencegah pendarahan dan keguguran ibu hamil. Namun, pernyataan ini masih terus diteliti oleh para ahli dan jika anda ingin mengkonsumsinya, anda bisa mengkonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

12. Menguatkan Gigi dan Tulang

Selain mengobati berbagai penyakit berat di dalam tubuh, manfaat benalu batu juga dipercaya mengandung sebuah zat yang bisa untuk memperkuat tulang dan gigi. Daun benalu memiliki mineral yang sangat tinggi sehingga banyak orang yang mempercayai dengan mengkonsumsi daun ini gigi dan tulang akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

13. Mengembalikan fungsi Ginjal dan Hati

Khasiat benalu batu bagi kesehatan yang terakhir yaitu bisa mengembalikan fungsi ginjal dan hati. Mengkonsumsi olahan daun benalu batu dipercaya dapat membersihkan racun-racun dan zat kotor yang ada di dalam tubuh sehingga ginjal dan hati bisa berfungsi secara baik dan melakukan pekerjaan mereka secara normal.

Itulah tadi beberapa manfaat benalu batu yang baik bagi kesehatan anda beserta keluarga. Meskipun banyak khasiat di dalamnya, anda harus tetap mengkonsultasikan pada dokter agar tidak salah dosis dan pengolahannya. (Sry)

Caption: Bupati Enrekang Drs. H. Muslimin Bando,M.Pd bersama Istrinya Dra. Hj. Johra MB, M. P.d ditemani Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Umaruddin saat sedang menikmati rebusan daun benalu batu yang di racik oleh Hj. Johra.

Pos terkait