LAZISMU Enrekang Gelar Rakerda, Ini Pesan Pimpinan Baznas Enrekang

  • Whatsapp
LAZISMU Enrekang Gelar Rakerda, Ini Pesan Pimpinan Baznas Enrekang

ENREKANG, UPEKS.co.id — Pimpinan Baznas Enrekang Baharuddin SE MM, menekankan fungsi utama Lembaga Zakat adalah mengumpulkan Zakatdan mendistribusikan. Untuk mengumpulkan zakat butuh strategi-strategi. Secara umum indikator kunci adalah sosialisasi dan terus melakukan kampanye zakat. Kemudian lakukan layanan Muzakki dalam bentuk counter – counter layanan dan jemput Zakat.

Selain itu juga era digital, manfaatkan media sosial untuk sosialisasi dan kampanye zakat, perbanyak testimoni pengalaman orang yang menerima manfaat zakat.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Baharuddin pada Rapat Kerja daerah Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah ((LAZISMU) yang berlangsung  di Aula Warkop Latimojong Enrekang, Sabtu (9/1/2021).

Hadir pada Raker tersebut, H. Nurdin, Ketua LAZISMU Enrekang dan Pengurus Lazizmu, Manajer Kamaria Bulan Fitriah, Badan Pengawas Jamaluddin Ibrahim dan sejumlah pelaksana dan jajaran unit Lazizmu.

” Fungsi utama lainnya adalah mendistribusikan dan mendayagunakan Zakat. Secara UU zakat sudah jelas tuntunannya yaitu 8 Asnab berhak menerima zakat yaitu fakir miskin, gharimin, muallif, Ibnu Sabil, fisabilillah.  Data Mustahik 8 asnab tersebut harus selalu tersedia dan valid datanya”. Kata Bahar.

” Ini sangat urgent karena seringkali Lembaga lain mau menyalurkan langsung dana infaq seperti BUMN tapi tidak ada datanya. Mereka ada dana CSR, ajak kerjasama dalam penyaluran. Catat sebagai penerimaan dan penyaluran”. Ujarnya.

Laporan Lazizmu Enrekang tahun 2020 membukukan penerimaan dan penyaluran dana sekitar 2 Milyar. Tapi masih sedikit zakat Mal yang rutin, masih lebih banyak zakat fitrah dan  Infak serta qurban idul Adha.

” Lazizmu terbentuk baru beberapa tahun lalu, kami belum memahami secara luas apa itu zakat dan cara mengelolanya.  saya sendiri di tunjuk Manajer baru setahun ini, kami berharap bimbingan dan kerjasamanya Baznas Enrekang sebagai koordinator Lembaga zakat di daerah Enrekang”. Pinta Kamaria Bulan Fitriah.

Lazismu atau Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah adalah lembaga zakat Tingkat Nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, sadaqah, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, Lembaga, Perusahaan dan instansi lainnya

Sementara itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Enrekang, H.Mardan mengatakan, Lembaga LAZISMU merupakan binaan Perserikatan Muhammadiyah, pengangkatan Pengurus melalui SK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Enrekang.

 Karena itu seluruh kegiatan dan aktivitas harus di laporkan ke Muhammadiyah. Kemudian Baznas Enrekang sebagai induk organisasi zakat harus terus bersinergi.

” Ambil ilmunya Baznas Enrekang yang cukup berhasil karena pengalaman dan dukungan Pemerintah. Mereka sudah berprestasi dan sering mengikuti kegiatan Nasional, gunakan mereka menatar anda Pengurus Lazizmu Enrekang”. Ujar Mardan. (Sry)

Pos terkait