Guru SMA Rahmatul Asri Belajar Pertanian di Kebun Bupati Enrekang

  • Whatsapp
Guru SMA Rahmatul Asri Belajar Pertanian di Kebun Bupati Enrekang

 

Enrekang, Upeks.co.id–Indonesia negara agraris. Kaya dengan aneka macam tumbuhan dan tanaman. Ini sangat menarik dipelajari. Baik cara budidaya. Kandungan nutrisi. Dan potensi pasarnya.

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui lebih dekat dunia pertanian, guru-guru SMA Rahmatul Asri mengunjungi kebun percontohan milik Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando. Di Maroangin Kecamatan Maiwa.

Menurut Kepala SMA Rahmatul Asri, Andi Ikbal Malik, S.S.,M.Pd; pemerintah sekarang punya program Pertanian Masuk Sekolah (PMS). Dengan PMS ini, anak-anak sejak dini ditumbuhkan kecintaan terhadap tanaman dan lingkungan, serta paham manfaat dan peran pertanian.

“Sebagai edukasi siswa untuk belajar di luar kelas kita sudah punya Green House pembibitan dan di belakang sekolah ada lahan yang lumayan luas dan siap dikelola untuk ditanami aneka buah dan sayur.” kata Ikbal.

Hal yang sama disampaikan Direktur Pondok Rahmatul Asri, Ermin Nur, SE.,ME; bahwa salah satu tantangan yang dihadapi sektor pertanian Indonesia ialah regenerasi petani. Karena bertani dianggap bukan merupakan pekerjaan bergengsi bagi kaum milenial.

“Dalam upaya menarik minat siswa terhadap pertanian, langkah yang perlu dilakukan adalah promosi dan proses edukasi sejak dini melalui aktivitas pertanian berupa life skill atau pembelajaran ekstrakurikuler pertanian di sekolah”. Ujar Ermin.

Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando mengapresiasi kunjungan guru-guru SMA Rahmatul Asri untuk belajar pertanian sehingga bisa diaplikasikan kepada siswa di sekolah.

“Siswa memang perlu dibekali keterampilan khususnya bidang pertanian. Kita harus mempersiapkan regenerasi petani dan merubah mindset kaum milenial terhadap dunia pertanian, bertani tidak lagi identik dengan tua, miskin, pekerjaan kotor dan terbelakang. Bertani bisa menjadi profesi yang bergengsi, dan menguntungkan”. Pesan Muslimin Bando.

Dalam kunjungan tersebut, ikut hadir sekretaris pondok dan kepala Penelitian dan Pengembangan PPM Rahmatul Asri serta beberapa guru.

Mereka berkesempatan melihat langsung budidaya ikan tawar, tempat proses pembuatan pupuk organik dan beberapa tanaman yang dibudidayakan.

Diakhir kunjungan, Bupati Enrekang memberikan bantuan bibit, diantaranya bibit porang, papaya California dan beberapa bibit lainnya.(rls)

 

 

Pos terkait