Gunakan Plat Gantung, Randis Ketua DPRD Soppeng Dinilai Langgar Aturan

  • Whatsapp
Gunakan Plat Gantung, Randis Ketua DPRD Soppeng Dinilai Langgar Aturan

Gunakan Plat Gantung, Randis Ketua DPRD Soppeng Dinilai Langgar Aturan

SOPPENG,UPEKS.co.id — Kendaraan Dinas (Randis) plat merah yang digunakan pejabat DPRD mengganti  platnya dengan menggunakan plat hitam.

Bacaan Lainnya

Pemandangan sedikit fenomenal ini dilakukan oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Syahruddin M Adam.

Diketahui, randis baru Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, dengan tipe Pajero Sport 4×4 dengan nomor polisi DD 5  MA ini malah menggunakan plat gantung.

Digantinya plat tersebut dibenarkan Sekwan DPRD Soppeng, Johansyah. Dia mengatakan bahwa mobil Ketua  DPRD sementara menggunakan plat gantung.

“Untuk sementara menggunakan plat gantung, karena baru pengurusan plat, sebenarnya ada plat putihnya,”  katanya.

Johansyah menjelaskan bahwa mobil tersebut merupakan pengadaan randis untuk Ketua DPRD. Selain itu, Wakil
ketua juga mendapatkan mobil tipe yang sama.

“Itu mobil pengadaan DPRD 2020, mobilnya tiba di akhir Desember 2020. Wakil ketua juga ada, tipe yang sama  tapi jenis berbeda,” tambahnya.

Hal ini pun menuai sorotan dari Direktur Bidang Data dan Analisa Lembaga Kajian dan Advokasi Lintas  Masyarakat, Usman Al Khair lantaran telah melanggar aturan.

Usman pun meminta polisi memberikan surat tilang kepada anggota DPRD yang kedapatan memalsukan plat  nomor mobil dinas dari warna merah menjadi hitam.

“Kalau itu dicat hitam ya tidak boleh. Kalau nomornya sama dengan plat merah, terus jadi hitam ya itu tetap tidak  boleh. Itu kan penyimpangan, pelanggaran namanya, sanksinya teguran. Ya harus ditilang dong sama polisi,”  ucapnya.

Sekedar diketahui, anggota DPRD mendapat fasilitas mobil dinas lengkap dengan plat nomor berwarna merah.  Namun, warna plat nomor sebagian mobil telah diubah menjadi hitam seperti mobil pribadi. (penulis: Min)

Pos terkait