Dari Donatur, Listrik Tenaga Surya, FTI UMI Siap Terangi Tenda Pengungsi Sulbar

  • Whatsapp
Dari Donatur, Listrik Tenaga Surya, FTI UMI Siap Terangi Tenda Pengungsi Sulbar

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Universitas Muslim Indonesia (UMI) lewat Fakultas Teknologi Industri (FTI) kembali menghadirkan solusi bagi warga pengungsi korban gempa Sulawesi Barat

Hadir mendampingi langsung di lokasi, Dekan FTI UMI Dr. Ir, Zakir Sabara, S.T, M.T, IPM, ASEAN, Eng mengatakan, 30 unit pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 100 watt per unit akan siap menerangi tenda pengungsi para penyintas gempa Sulbar.

Bacaan Lainnya

“Listrik tenaga surya ini akan dipasang pada tenda tenda pengungsian dan dusun di pegunungan yang sampai saat ini jaringan listrik masih putus akibat beberapa titik menuju lokasi terisolasi terjadi longsor,” bebernya, Selasa (26/1/2020).

Zakir menyebutkan, ada dua kecamatan yang akan menjadi tujuan utama pendistribusian listrik tenaga surya yaitu kecamatan Ulumanda dan Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulbar.

“Mulai Senin (25/1/2021) tim relawan akan memasang panel listrik tenaga surya itu pada titik yang telah disurvei,” kata Zakir Sabar.

“Jika rumah di dusun terisolir yang dialiri, maka bisa menjangkau 150 rumah dengan 2 titik lampu per rumah. Jika tenda pengungsi yang akan dialiri listrik maka bisa mengaliri listrik untuk 300 tenda pengungsi dengan masing-masing 1 tenda 1 balon lampu 7-10 watt,” tutupnya. (rls).