BTB Baznas Enrekang Siap Terjun ke Lokasi Bencana Sulbar

BTB Baznas Enrekang Siap Terjun ke Lokasi Bencana Sulbar

ENREKANG,UPEKS.co.id — Baznas Tanggap Bencana (BTB) Baznas Enrekang akan bertolak ke Sulbar untuk  memberikan bantuan kemanusiaan Bencana Gempa yang terjadi di Majene, Sulbar.

Rencana Baznas Enrekang akan bergabung dengan Baznas Tanggap Bencana Provinsi Sulawesi Selatan dan  bertolak ke Sulbar, Minggu (17/1/2021).

Bacaan Lainnya

Mereka yang akan berangkat adalah Ketua Baznas Enrekang Mursyid Saleh Mallappa, Ilham Qadir dan  Baharuddin dan lima orang anggota BTB Baznas Enrekang yang sudah terlatih dan profesional tanggap bencana.

Pimpinan Baznas Enrekang, Baharuddin mengatakan, pihaknya tak ingin hanya sekadar menyalurkan bantuan  bencana namun juga ingin terjun langsung membantu dan tanggap bencana.

Apalagi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang beberapa waktu lalu telah mengadakan  pelatihan dasar tanggap bencana kepada relawan.

” Karena itu sudah saatnya di tenjunkan ke lapangan. Relawan kita ini dikumpulkan dari relawan relawan yang  sudah ada dasarnya”. Tandas Bahar.

Menurutnya, BTB ini masih sangat baru, tapi sangat di butuhkan untuk mengantisipasi bencana yang terjadi  contohnya di Mamuju Sulawesi barat.

“Mereka para Relawan memiliki kemampuan dasar tanggap bencana, sangat dibutuhkan disana Walaupun tim  tanggap bencana bentukan Baznas ini bukanlah pemeran utama saat bencana terjadi, namun setidaknya mereka  sudah ada bekal ilmu untuk menjadi relawan bencana di lokasi bencana”. Jelasnya.

Dia menuturkan, dilokasi bencana BTB Baznas Enrekang nantinya tak hanya sekadar berperan untuk  menyalurkan bantuan. Tetapi ikut terjun langsung ke lapangan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang  daerahnya dilanda bencana, sehingga dapat mendorong semangat hidup masyarakat seperti sediakala.

Dia mengatakan, Baznas Tanggap Bencana merupakan sebuah lembaga baru yang dilakukan Baznas Enrekang  dalam hal kebencanaan. Di Sulsel sendiri beberapa daerah telah punya BTB juga seperti kabupaten Maros, Lutim,  Makassar dll.

Sementara itu salah satu Anggota Baznas tanggap bencana Wahid menuturkan, BTB di bawa koordinasi  langsung Baznas Enrekang.

“Karena itu seluruh kegiatan operasional di danai oleh Baznas Enrekang. karena ini baru, masih butuh petunjuk  dan arahan dari pimpinan” Ujar Wahid. (Sry)

Pos terkait