2021 Takalar Zero Sampah, Kadis Lingkungan Hidup Harus Siap Dievaluasi

  • Whatsapp
2021 Takalar Zero Sampah, Kadis Lingkungan Hidup Harus Siap Dievaluasi

2021 Takalar Zero Sampah, Kadis Lingkungan Hidup Harus Siap Dievaluasi

TAKALAR,UPEKS.co.id—Zero sampah yang menjadi keinginan Bupati Takalar di 2021 jadi pekerjaan prioritas  Kadis Lingkungan Hidup.

Bacaan Lainnya

Menurut Syamsari Kitta yang ditemui seusai kerja bakti bersama guru-giyi membersikan lokasi rumah adat balla  lompoa. Minggu 3/01/2021

Syamsari berharap 2021, Takalar sudah zero sampah atau nol sampah. Dihadapan guru guru dan petugas  kebersihan ia menyapaikan keinginannya untuk membuat Takalar bersih dari sampah.

“Harus bersih dari sampah terutama dijalan jalan pusat kota dan tempat wisata. Ia menambahkan. jika kita ingin  Takalar menjadi obyek wisata, kebersihan dan penataan lingkungan harus baik. Mustahil bisa jadi daerah tujuan  wisata jika masih banyak sampah yang berserakan” ujarnya.

Dicontohkannya, beberapa daerah yang berhasil menjadi tujuan wisata seperti Bali. Coba perhatikan daerah  wisata Bali, itu sudah zero sampah.

Bupati mewarning dinas lingkungan hidup. “Jika program ini tak jalan, kadis lingkungan hidup sebagai penanggung  jawab harus siap dievaluasi. Bukan hanya kadis lingkungan hidup, semua kadis akan diberikan tugas yang sama  dan apabila programnya tak jalan mereka juga harus siap dievaluasi.

Kadis Lingkungan Hidup, Faisal Sahing mengamini dan siap menindaklanjuti keinginan bupati. Sejumlah rencana  telah disusun untuk mewujudkan Takalar ero sampah 2021. Meski menurutnya itu bukan hal mudah.

Menurut Faisal, jika di awal tahun ini, dia bersama anggotanya akan turun langsung ke setiap wilayah kecamatan  hingga pelosok desa dan kelurahan untuk sosialisasikan upaya mewujudkan zero sampah.

“Kita mulai dari para camat,kepala desa/ kelurahan, kepala sekolah untuk menjaga lingkungannya tetap bersih.  Selanjutnya mereka yang ikut sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah bisa menjadi tutor sebaya kepada  masyarakat lainnya” kata faisal

Selain itu kader kebersihan di tingkat desa akan diberikan Pelatihan bagaimana meperlakukan dan mengelola  sampah dengan baik, meski hal ini dianggap tidak mudah dan butuh kesadaran dan kerjasama.

“Hal ini akan mudah jika semua masyarakat sadar dan mau bekerjasama akan pentingnya hidup bersih dan sehat”  harapnya.(Jahar)

Pos terkait