ANEKA

UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Gelar Pelatihan Dakwah Digital

UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Gelar Pelatihan Dakwah Digital

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Pelatihan Dakwah Digital bagi karyawan UMI dibuka Rektor UMI Prof.Dr.H.Basri  Modding via Google Meet, Selasa (8/12).

Kegiatan yang diselenggarakan UPT.Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI ini, diikuti 30 peserta utusan dari  masing-masing fakultas dan unit dalam lingkup UMI.

Pemateri, Rektor UMI Prof.Basri Modding, Wakil Rektor IV UMI Dr.KH.M.Zein Irwanto, Kepala Humas UMI  Dr.Nurjannah Abna, dan Ketua UPT PKD Dr.M.Ishaq Shamad.

Rektor UMI menyampaikan pentingnya karyawan  UMI memiliki karakter kinerja dan karakter moral.

Selain itu, UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, maka semua sivitas akademika UMI senantiasa  menggelorakan dakwah dimanapun berada, termasuk menggunakan media digital, harapnya.

UPT Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Gelar Pelatihan Dakwah Digital

Wakil Rektor IV Dr.KH.M.Zain Irwanto dalam pemaparannya menjelaskan Konsep Materi Dakwah digital dalam  Al-Qur’an dan Hadis. Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, sebagaimana Allah berfirman di dalam  Q.S Ali Imran ayat 104, artinya “Hendaklah ada segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh yang  makruf, mencegah dari yang mungkar, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung, jelasnya.

Sementara itu, Dr.Nurjannah Abna membahas, Tips Berdakwah Melalui Video YouTube. Dikatakan beberapa tips  berdakwah melalui Youtube, antara lain memiliki channel youtube, kemudian memilih materi dan konten dakwah  yang relevan dengan audiens, terutama kaum milenial.

Selain itu, media sosial juga sangat penting digunakan dalam menyebarkan dakwah secara luas, jelasnya melalui  google meet.

Pemateri lainnya, Dr.M.Ishaq Shamad membahas “Teknik Berdakwah Melalui Aplikasi G-Suite”. Sejumlah aplikasi  google dapat digunakan sebagai media dalam berdakwah.

diantaranya Google Meet, Google Form, Google Classroom, dan Google Sites, dll. Sejumlah aplikasi tersebut  dibahas dan langsung disimulasikan M.Ishaq Shamad yang juga telah Tersertifikasi Google for Education, dimana  sertifikasi tersebut berlaku secara global.

Sejumlah peserta mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Udin menyatakan keterampilan dakwah digital ini sangat  bagus dan penting untuk bisa diterapkan di tengah masyarakat.

Demikian pula Syamsuddin menyatakan  memperoleh ilmu dan keterampilan yang sangat praktis dan bermanfaat, jelasnya. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top