ANEKA

TNI dan Polri di Lutim Apel Pengamanan Pilkada

TNI dan Polri di Lutim Apel Pengamanan Pilkada

LUTIM.UPEKS.co.id—Aparat TNI dan Polri melakukan Apel Pergeseran Pasukan Personil Pengamanan TPS  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Operasi Mantap Praja Tahun 2020. Apel ini dipimpin langsung  Kapolres Luwu Timur, AKBP. Indratmoko, di Lapangan Merdeka Malili, Senin (07/12/2020).

Apel gelar pasukan juga dihadiri Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler, Perwira Penghubung, Mayor
Martinus Pagasing, Perwakilan Kajari Luwu Timur, Andi Hasanuddin dan beberapa Kepala OPD Pemkab Luwu  Timur. Apel dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil jelang Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

Kapolres Luwu Timur, AKBP. Indratmoko mengatakan, selain pengecekan pasukan, apel ini juga akan melakukan  simulasi pengamanan TPS pada saat pemungutan suara dan pengamanan logistik Pemilu.

“Setelah ini kalian akan menyaksikan simulasi pengamanan TPS sehingga rekan-rekan sekalian dapat mengetahui  siapa berbuat apa dan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi gambaran pelaksanaan tugas nantinya,” kata  Kapolres.

Selain itu, personil juga diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik dan diharapkan dapat menjadi  contoh bagi masyarakat terkait dengan menerapkan protokol kesehatan. Penting dipahami, pandemi covid-19 ini  hanya bisa diatasi dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Selanjutnya, kata Indratmoko, setiap personil juga harus dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang  akan menyalurkan suaranya di TPS. Kehadiran personil semua menjadi perwakilan atau menjadi representasi dari  kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada rakyatnya dalam beraktivitas terutama menyalurkan hak  suaranya.

Selain pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020, Kapolres juga mengatakan, akan membagi beberapa personil  untuk melakukan penjagaan di objek-objek vital baik itu kantor KPU, Bawaslu, Kantor Pemda kemudian objek-  objek vital lainnya.

“Kita hadirkan aparat di lokasi-lokasi yang kita anggap mempunyai titik kerawanan kemudian bentuk jaringan  komunikasi apakah itu bentuk grup nomor-nomor telepon bisa dihubungi ada perkembangan situasi yang perlu dilaporkan saat pengamanan TPS,” tandasnya.

“Untuk lokasi-lokasi tertentu yang memerlukan penanganan khusus seperti sungai atau danau, lakukan pengamanan ekstra terhadap logistik Pemilu dalam artian pengamanan antisipasi hujan atau tercebur sungai dan sebagainya karena kita ketahui kotak suara terbuat bukan dari bahan logam tapi dari bahan kardus yang mudah
sekali rusak,” jelasnya.

Setelah apel, dilanjutkan dengan simulasi pengamanan TPS kemudian pemeriksaan pengecekan pasukan dan sekaligus pengecekan kesehatan pasukan. (hms/rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top