MAKASSAR CITY

Kadis Perpustakaan Arsip Sulsel, Resmikan Perpus Desa GAMACCA  Parigi

Kadis Perpustakaan Arsip Sulsel, Resmikan Perpus Desa GAMACCA  Parigi
MAKASSAR, UPEKS.CO.ID–Pengelola Perpustakaan Desa Gamacca Bawakaraeng menggelar Bedah Buku, pengajian rutin sekaligus launching perpustakaan desa Literasi Gerakan Masyarakat Membaca (Gamacca) yang terpadu dengan Madrasah Ulil Albab Bawakaraeng.
Dihadiri langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan Sijaya, SH.MH.
Dalam sambutannya, Hasan sangat mengapresiasi kegiatan ini, yang lahir dari prakarsa anak desa, sejalan dengan program “Mencerahkan Anak Bangsa dari Desa dan Lorong”. Tidak ada yang bisa mengubah kehidupan ini menjadi lebih baik tanpa pendidikan dan budaya literasi yang baik.
“Gerakan literasi masyarakat akan mengangkat citra peradaban yang berdampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri” ungkap Hasan.
Sebagai bentuk apresiasi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, memberikan bantuan dua unit komputer, rak buku, dan 300 eksamplar buku serta warles untuk mendorong dan memotivasi pengelola untuk lebih memberikan layanan yang lebih maksimal, sehingga rumah literasi bisa lebih diminati oleh masyarakat dan pengunjung terutama anak-anak santri di lembaga ini.
Hadir sebagai pembahas pada sesi talkshow literasi dan bedah buku Sastra Kelong: Menyibak Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal karya Labbiri, M.Pd. yakni Ketua Forum Perpustakaan Desa dan Lorong Sulsel, Bachtiar Adnan Kusuma, memberikan inspirasi dan motivasi pentingnya budaya baca dalam keluarga, terutama oleh kaum ibu harus menjadi role model untuk anak-anaknya dalam menanamkan budaya membaca, minimal 15 menit  sehari. Dan memaparkan garis-garis isi buku tersebut, yang mengangkat sisi lokalitas dari nilai-nilai Kelong dan Pappasang Turiolo.
Dalam prolognya penulis buku mengungkapkan buku ini terdiri dari dua konten yakni Kelong yang berisi nilai-nilai pendidikan yang bersifat sosial kemasyarakatan dan nilai-nilai yang bersifat keagamaan. Hadir juga Kades Manimbahoi Camat Parigi dan Ketua Yayasan Ulil Albab Bawakaraeng memberikan sambutan hangat atas kunjungan Kadis DPK beserta rombongan di wilayah kerjanya, dan berharap program ini bisa berkesinambungan Pembinaan dan pengembangannya ke depan untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat terutama generasi penerus, agar cerdas berliterasi. (rls)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top