APSAI Dukung Kebijakan Belajar Tatap Muka

  • Whatsapp
APSAI Dukung Kebijakan Belajar Tatap Muka

 

Makassar, Upeks.co.id–APSAI siap mendukung kebijakan pemerintah. Terkait kegiatan belajar mengajar tatap muka.

Bacaan Lainnya

Alasannya, anak-anak akan senang. Mereka bisa kembali bertemu. Bersosialisasi dengan teman-temannya.

Di samping banyaknya kesulitan dalam proses dan akses belajar daring.

Alasan lainnya, orang tua / pemberi pengasuhan pun senang. Bisa melihat anak-anak dapat kembali optimal belajar. di samping terdapat kegamangan menyangkut peran ganda menjadi ‘pengajar’ di rumah.

Meskipun demikian APSAI memberikan  catatan penting untuk semua pihak.

Yakni, pemerintah daerah perlu memperhatikan secara seksama kondisi pandemi di daerahnya. Dukungan dan proses vaksinasi serta layanan kesehatan yang tersedia.

Selain itu, penyelenggara pendidikan perlu mempersiapkan secara matang. Bukan hanya sarana dan prasarana. Namun juga persiapan mental dan kesiapan menjalankan pendidikan tatap muka dalam tahap transisi dan adaptasi. Guna memastikan guru dan pendidik serta seluruh pegawai sekolah aman. Anak didik peserta pendidikan pun aman.

Selain itu, orang tua dan siswa perlu berperan secara aktif dalam mempersiapkan hal ini dan berangkat dg paradigma yg tepat (membantu menyediakan masker beridentitas, bila perlu antar jemput anak)

Ketua Umum APSAI Luhur Budijarso, di Jakarta, mengimbau agar dilakukan 3D. Selain itu, keterbukaan antara seluruh pemangku kepentingan.

“Dramaturgi : persiapan aliran kedatangan siswa dan guru hingga kepulangan seluruh peserta didik,” katanya.

Luhur juga mengatakan simulasi dan pelajari kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki lalu improve (selayaknya QCC – quality control circle di perusahaan).(rls)

Pos terkait