Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Gelar Bimtek Pengelola LAPOR Kecamatan

  • Whatsapp
Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Gelar Bimtek Pengelola LAPOR Kecamatan

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Gelar Bimtek Pengelola LAPOR Kecamatan

GOWA, UPEKS.co.id–Dalam rangka mensosialisasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik  Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) kepada masyarakat Kabupaten Gowa,  Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa menggelar Bimbingan Teknis Pengelola Lapor Kecamatan  Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 14 orang peserta yang merupakan perwakilan kecamatan mengikuti kegiatan yang dibuka secara resmi  oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina didampingi Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa,  Sujaddan di Baruga Krg Pattingaloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (26/11/2020).

Kepala Bagian Organisasi Setkab Gowa, Sujaddan menjelaskan SP4N LAPOR ini adalah layanan penyampaian  semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website  www.lapor.go.id, SMS 1708 dan aplikasi android dan ios dalam rangka mengawal pelaksanaan pelayanan publik  di instansi pemerintahan.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pengaduan  masyarakat LAPOR kecamatan. Para pengelola LAPOR kecamatan ini harus mensosialisasikan dan memfasilitasi  masyarakat tentang media pengaduan melalui aplikasi Lapor,” tambah Sujaddan.

Ia menambahkan bahwa tujuan pelaksanaan Bimtek ini tentu tidak terlepas dalam upaya kita untuk meningkatkan  kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

“Penilaian dari Ombudsman sampai hari ini kita sudah bagus karena kita sudah zona hijau, padahal tahun  sebelumnya kita masih berada pada zona kuning. Tapi ini ada peningkatan pesat terutama setelah kita  menggunakan aplikasi LAPOR, pengaduan bisa terpantau dengan baik dan yang lebih penting adalah dengan
respon dari pihak terkait ini bisa kita cepat lakukan dan bisa lebih terarah jelas serta dapat dipertanggungjawabkan  dari sisi akuntabilitas,” jelas Kabag Organisasi Setkab Gowa ini.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina menjelaskan bahwa kondisi wilayah  Kabupaten Gowa yang begitu luas terdiri dari dataran tinggi dan rendah tentu masyarakat sangat membutuhkan  akses informasi dalam menyampaikan permasalahan yang dialami dalam menerima hak pelayanan dari  pemerintah.

“Luasnya wilayah Kabupaten Gowa ini sehingga para pengelola LAPOR kecamatan mempunyai tugas untuk  membantu masyarakat dalam menyampaikan aduannya kepada pemerintah dengan menggunakan teknologi  informasi melalui aplikasi LAPOR,” ungkap Kamsina.

Dengan sistem pengaduan Pengelolaan yang secara online ini kata Kamsina yang juga mernjabat sebagai  Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa ini berharap masyarakat sudah sangat mudah dalam mengakses dan  menyampaikan keluhannya kepada pemerintah daerah sebagai penyelenggara layanan apalagi jika terdapat ketidaksesuaian pelayanan yang diberikan.

“Tahun lalu, LAPOR Gowa di Indonesia termasuk yang kelima jadi saya berharap dengan dibentuknya tim  Pengelola LAPOR kecamatan ini masyarakat Kabupaten Gowa dapat meningkatkan partisipasi dalam memberikan  informasi demi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi pemerintah Kabupaten Gowa semakin baik kedepan,” pesan Kamsina kepada para pengelola LAPOR kecamatan.

Bimtek ini diisi dengan materi pengelolaan dan penggunaan aplikasi LAPOR dari Tim Admin LAPOR Kabupaten  Gowa.(Sofyan)

Pos terkait