SULAWESI SELATAN

Tim DPTM Unhas-Politani Pangkep Gelar Sosialisasi Penerapan Teknologi Produk Biokonversi Limbah Ikan dan Udang

Tim DPTM Unhas-Politani Pangkep Gelar Sosialisasi Penerapan Teknologi Produk Biokonversi Limbah Ikan dan Udang

BARRU, UPEKS.co.id — Program Diseminasi Produk Teknologi ke Masyarakat (DPTM) tahun 2020 Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Program Studi (Prodi) Agroindustri Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkajene Kepulauan (Pangkep), kembali menggelar sosialisasi penerapan teknologi produk biokonversi limbah ikan dan udang untuk pangan dan pakan bagi kelompok wanita pesisir di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelompok Mitra Binaan di Mangganjeng, Kecamatan Barru, pada tanggal 17-18 Oktober 2020. Sosialisasi yang digelar secara Balnded yaitu daring dan luring ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan.

Tim DPTM yang diketuai oleh Dr. Ir. Ophirtus Sumule., DEA yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Unhas yang bertugas mengianisasi kolaborasi stakeholder dengan Pemda dan pihak swasta. Ia juga adalah Direktur Inovasi Rostek Dikti yang masa jabatannya berkahir di Oktorber 2019, tugasnya dalam program DPTM ini adalah sebagai inovator dalam pengembangan Produk Perikanan dan hasil-hasil samping produk perikanan untuk menjadi produk unggulan daerah.

Anggota Tim DPTM yaitu A. Ita Juwita., S.SI., M.Si dan Rahmawati Saleh., S.SI., M.Si, (Dosen Politani Pangkep) yang bertugas sebagai ahli dalam proses pengolahan limbah karena keduanya merupakan dosen Prodi Agroindustri Politani Pangkep dan ahli dalam lingkungan tentang penanganan limbah.

Dr. Ir. Ophirtus Sumule., DEA selaku ketua tim mengatakan, dalam pelatihan selama 2 hari mulai tanggal 12-13 November 2020, tim DPTM Penerapan Teknologi Produk biokonversi dalam penangan limbah ikan dan udang dalam menghasilkan produk pakan dan pangan yang higienis memberikan materi tentang bagaimana memanfaatkan limbah ikan dan udang dengan cara mengolah menggunakan alat dan mesin yang diintroduksikan kepada mitra. Sehingga produk pakan dan pangan khususnya produk Terasi bubuk yang berkualitas.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas produk pakan dan pangan dengan kuantitas dan kualitas produk yang berstandar SNI yang dapat dipasarkan bukan hanya di lokal, tetapi bisa masuk dalam industri pakan dan supermakrket. Dalam pelatihan ini, tim DPTM juga melibatkan langsung industri yang akan  yang diberikan adalah teknik mengolah limbah dengan standar olahan yang lansgung dari industri,” katanya.

“Ada salah satu industri pakan yang tertarik dengan kegiatan ini, sehingga tahun ini industri itu turut langsung dalam membina kelompok binaan dari DPTM. Dimana, tim dari mitra industri buyer dan DPTM berkolaborasi memberikan pelatihan kepada kelompok binaan dalam hal teknik pengolahan limbah menjadi pakan dan produk terasi bubuk,” lanjut Ophirtus.

Sehingga kedepannya, lanjut dia, mitra kelompok binaan dapat memotivasi kelompok tani lainnya dalam hal tentang pemanfaatan limbah ikan dan udangi sehingga kedepannya produk dari hasil olahan limbah ikan dan udang dapat lebih baik lagi. Sehingga kelompok mitra bisa sejahtera dengan harga yang bisa bersaing dengan produk-produk yang sama di pasar nasional international.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Tim DPTM LPPM Unhas bekerjasama dengan PPPM Politani Pongkep dengan Prodi Agroindustri Politani pangkep tersebut mendapat sambutan hangat dari Kepala Dinas Perikanan dan Kadis Kesehatan Kabupaten Barru bersama tim atau staf yang hadir dalam sosialisasi dan pelatihan.

Sekadar diketahui, Program Produk Teknologi yang Disiminasikan ke Masyarakat merupakan skema program pengabdian masyarakat monotahun yang dikompetisikan secara nasional oleh Kementerian Riset dan teknologi/BRIN Tahun anggaran 2020. Kompetisi ini diikuti oleh dosen tetap PTN dan PTS.(rif)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top