Terapkan Prokes, KPU Majene Simulasi Pemungutan Suara Pilkada 2020

  • Whatsapp
Terapkan Prokes, KPU Majene Simulasi Pemungutan Suara Pilkada 2020

MAJENE, UPEKS.co.id—Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Majene melaksanakan Simulasi pemungutan suara,  di lapangan sepakbola, kecamatan Pamboang, Sabtu (21/11/2020).

 

Bacaan Lainnya

Simulasi yang digelar KPU dengan menerapkan protokol kesehatan, di masa pandemi corona yang menjadi aspek paling diperhatikan dalam simulasi ini.

 

Ketua KPU Majene, Muh.Arsalin Aras menjelaskan, dalam Simulasi setiap warga yang hendak menyalurkan hak suara, terlebih dahulu harus cuci tangan dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

 

“Kita juga melakukan pembatasan jumlah pemilih, serta merapkan protokol kesehatan, demi mencegah terjadinya kerumunan,” jelas Arsalin.

 

Arsalin juga mengatakan, warga diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan selama proses pencoblosan,”Tidak hanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, KPU Majene juga menggelar simulasi penghitungan surat suara menggunakan aplikasi sistem informasi rekapitulasi atau Sirekap,”katanya.

 

Menurut Arsalin, Aplikasi tersebut sengaja diterapkan untuk meminimalisasi kontak fisik. Selain itu sistem Sirekap  juga dinilai lebih cepat dan efisien sehingga diharapkan mampu meminimalisir kesalahan penghitungan.

 

“Sirekap sendiri merupakan sistem aplikasi yang berguna untuk membaca dan mengonversi data rekapitulasi. Data dikonversi dari bentuk fisik yakni formulir C1 Plano menjadi data elektronik,” ujarnya

 

Ia berharap, dengan Simulasi ini masyarakat dapat lebih memahami tatacara pencoblosan di masa pandemi Covid-19,”Selain itu kita juga berharap dengan adanya Simulasi ini, partisipasi pemilih juga meningkat.Insya Allah kita yakin pelaksanaan pilkada Majene aman dan lancar, sesuai yang kita harapkan,” pungkasnya.(Alimukhtar).

Pos terkait