Sosialisasi Gerakan Cinta Museum di Butta Panrita Lopi

  • Whatsapp
Sosialisasi Gerakan Cinta Museum di Butta Panrita Lopi

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Dalam rangka mendukung ketersediaan data yang ada di setiap museum, UPT Museum dan Taman Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisata  Provinsi Sulawesi Selatan  tengah menggelar sosialisasi yang disebut Gerakan Cinta Museum.

Gerakan Cinta Museum bertemakan Museum sebagai file peradaban bagi generasi milenial dan merajut tali budaya membangun jati diri bangsa.

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 3 dan 15 September 2020 di Fajarqu Hotel Kabupaten Bulukumba yang dikenal sebagai daerah Butta Panrita Lopi.

Pada sosialisasi itu, Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disbudpar Provinsi Sulsel, Ernawati Asikin SE,MM melalui gerakan cinta Museum nantinya akan menambah khasanah dari museum yang ada di setiap daerah. Sehingga  semua khalayak dapat mendapat informasi yang jelas dan benar.

“Melalui gerakan ini tentu kita akan lebih dekat terhadap budaya dan peradaban yang ada di daerah. Dengan ketersediaan file berupa fisik dan non fisik dapat menambah keragaman dan kekayaan potensi budaya. Gerakan cinta Museum juga akan menjadi sarana edukasi, pelestarian budaya hingga menjadi khasanah wisata,” terang Ernawati.

Pada kegiatan sosialisasi diharapkan semua peserta yang ikut sosialisasi benar-benar memberi kontribusi positif terhadap kekayaan wisata yang ada di museum.

“Untuk meningkatkan wisatawan, baik domestik maupun asing melalui museum, memperbesar jumlah pengunjung museum, serta meningkatkan apresiasi dan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya bangsa,” kata Ernawati.

Sementara, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba, Ahkmad Januaris mengatakan, pihaknya sangat mendukung gerakan cinta museum dan semua stakeholder kepariwisataan di Bulukumba akan mendukung peningkatan potensi wisata.

“Khususnya peran kaum milenial di Bulukumba menjadikan museum sebagai file peradaban,” ujarnya. (ris)

Pos terkait