Sejak Mengandung sampai Bersalin, Biayanya Dijamin JKN-KIS

  • Whatsapp
Sejak Mengandung sampai Bersalin, Biayanya Dijamin JKN-KIS
Narasumber : Reski Amalia
Sejak Mengandung sampai Bersalin, Biayanya Dijamin JKN-KIS
Narasumber : Reski Amalia

Palopo, Upeks.co.id – Kehadiran buah hati di tengah keluarga merupakan suatu kebahagiaan yang tidak terkira. Apalagi dengan proses persalinan yang lancar dan seluruh biaya persalinan yang tidak perlu menjadi beban keluarga lagi, semakin menambah rasa syukur kepada sang pencipta. Hal itu pun yang dirasakan oleh Reski Amalia (31). Peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang sudah menjadi peserta sejak tahun 2018, Reski mengaku sangat terbantu dengan program JKN-KIS saat melahirkan putra pertamanya.

“Karena dari hasil pemeriksaan tekanan darah saya tinggi, sehingga tidak memungkinkan saya melakukan persalinan secara normal. Akhirnya saya harus menjalani operasi caesardi RS Mega Buana. Seandainya saya tidak punya kartu JKN-KIS, saya tidak tahu berapa biaya yang harus saya bayar untuk tindakan operasi caesar tersebut,” ungkap Reski, Senin (26/10).

Bacaan Lainnya

Sebelum bersalin pun Reski kerap memeriksakan diri dan kontrol kandungan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FLTP), dalam hal ini Puskesmas, di mana ia terdaftar sebagai peserta. Reski juga menjelaskan bahwa pelayanan yang didapatkannya di Puskesmas sangat baik.

“Mulai dari masih mengandung sampai dengan bersalin, baik di Puskesmas atau di rumah sakit, pelayanan yang saya dapatkan baik. Dan yang paling penting saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun karena semuanya sudah dijamin oleh Program JKN-KIS,” tambah Reski.

Reski berharap Program JKN-KIS dapat terus ada dan berkesinambungan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Walaupun dirinya sebagai peserta mandiri kelas 1 dan harus membayar iuran, namun manfaat yang telah dirasakannya jauh lebih besar.

“Saya adalah seorang honorer, jadi untuk punya kartu JKN-KIS harus mendaftar secara mandiri. Iuran yang saya bayarkan ini memang terasa buat saya dan suami. Namun setelah merasakan manfaatnya saat harus menjalani operasi caesar, saya sangat bersyukur kami punya kartu JKN-KIS yang aktif, karena memang kami rutin membayarkan iurannya setiap bulan,” jelas Reski. (Jamkesnews)

Pos terkait