SULAWESI SELATAN

Sartono Lantik 62 Anggota PTPS Kecamatan Marioriawa

Sartono Lantik 62 Anggota PTPS Kecamatan Marioriawa

SOPPENG, UPEKS.co.id — Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Marioriawa resmi melantik 62 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas di 62 TPS yang ada di Kecamatan Marioriawa.

Pelantikan 62 anggota PTPS ini berlangsung di Baruga Wisata Alam Permandian Air Panas Lejja, Senin (16/11/2020).

Ketua Panwascam Marioriawa, Sartono saat membacakan sambutan seragam Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati  serentak yang akan digelar di 270 daerah ini awalnya direncanakan pemungutan suara pada bulan September tahun 2020 dan tahapan penyelenggaraannya dimulai sejak bulan Oktober 2019.

Namun kata dia, saat ini masih terjadi  wabah pandemi Covid-19 dan WHO pun menetapkan Covid-19 sebagai pandemi dunia dan pemerintah menyatakan status darurat bencana.

Mempertimbangkan hal tersebut KPU memutuskan untuk menunda tahapan Pilkada serentak sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Setelah ditundanya tahapan Pilkada selama 3 bulan, Pemerintah dan DPR dalam penyelenggara pemilu sepakat memutuskan untuk melanjutkan kembali tahapan Pilkada serentak 2020 dalam pelaksanaan pemungutan suara menjadi tanggal 9 Desember tahun 2020,” ucapnya.

Tono sapaan akrabnya menyampaikan bahwa dalam konteks penyelenggaraan, pengawas pemilu mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pengawasan pemilihan.

“Saudara yang dilantik sebagai pengawas TPS tentunya mempunyai tugas dalam melakukan pengawasan pemilihan pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dalam pemilihan Bupati. Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara,” tuturnya.

“Saya meminta kepada saudara-saudara pengawas TPS agar menjalankan tugasnya dengan baik menjaga integritas dan marwah lembaga demi terciptanya pemilihan yang berkualitas dan dapat dipercaya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sartono kembali mengingatkan agar seluruh PTPS untuk bekerja profesional dan memahami tugas dan kewenangannya.

Ditempat yang sama, Camat Marioriawa yang diwakili oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian, Hamriadi mengucapkan selamat kepada 62 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang dilantik hari ini.

“Saudara yang dilantik hari ini mempunyai tugas dan amanah. Tentu kita ketahui selaku penyelenggara netralitas merupakan harga mati,” pungkasnya. (Min)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top