PARIWARA

Program Rujuk Balik di Kabupaten Bone Dioptimalkan

Program Rujuk Balik di Kabupaten Bone Dioptimalkan

Watampone, Upeks.co.id – Sebagai upaya optimalisasi Program Rujuk Balik (PRB) Kabupaten Bone,  BPJS Kesehatan Cabang Watampone menggelar kegiatan evaluasi pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) bersama dengan para Direktur Rumah Sakit dan Person In Charge (PIC) PRB wilayah Kabupaten Bone, Kamis (15/10)

PRB merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis tertentu dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atas rekomendasi/rujukan dari dokter spesialis/sub spesialis yang merawat.

“PRB ini merupakan salah satu prioritas Program JKN-KIS sebab akan menunjang peningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengurangi penumpukan peserta PRB di rumah sakit yang telah dinyatakan stabil dan dapat dilakukan asuhan keperawatan oleh FKTP,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone Arif Budiman.

Di sisi lain, manfaat PRB bagi peserta adalah akan mendapatkan kemudahan akses pelayanan (termasuk pelayanan obat) serta meningkatkan kepatuhan peserta PRB dalam konsumsi obat yang digunakan.

Pada kesempatan tersebut menghadirkan pula pemaparan materi dari anggota Tim Teknis Kendali Mutu Kendali Biaya Cabang Watampone, Andi Wetenri. Dalam paparannya disampaikan terkait beberapa rekomendasi kriteria stabil 9 (sembilan) diagnosa PRB Tim Kendali Mutu Kendali Biaya Pusat.

“Terdapat beberapa penanganan yang harus dilakukan kepada pasien penyakit kronis kriteria stabil, misalnya bagi pasien diabetes melitus disini setiap 3 bulan sekali perlu dilakukan rujukan kembali kepada dokter spesialis/sub spesialis di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dengan ada keluhan atau tidak ada keluhan dengan tujuan agar dapat dilakukan evaluasi dan kemungkinan perubahan jenis dan dosis bila diperlukan,” paparnya. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top