Polisi dan Tim SAR BPBD Enrekang Evakuasi Korban Hanyut

  • Whatsapp
Polisi dan Tim SAR BPBD Enrekang Evakuasi Korban Hanyut

Polisi dan Tim SAR BPBD Enrekang Evakuasi Korban Hanyut

ENREKANG,UPEKS.co.id –Polisi bersama TNI dan Tim SAR BPBD Enrekang melakukan evakuasi terhadap  korban yang hanyut terbawa derasnya arus sungai Sandang. Akibat curah hujan yang turun beberapa hari ini  menyebabkan sungai tersebut meluap dan merendam area pemukiman warga.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya itu, luapan air ternyata juga menyeret seorang warga hingga terpaksa Tim melakukan penelusuran  sepanjang sungai tersebut.

Tampak pula Tagana Dinsos mendirikan tenda darurat dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinkes Enrekang yang siap  dengan mobil ambulance yang akan melakukan tindakan medis terhadap korban.

Meski berlangsung cukup lama, namun pencarian korban berhasil. Korban ditemukan meski tak sadarkan diri  karena banyak menelan air, namun korban ditemukan masih dalam keadaan selamat. Oleh Tim SAR korban  segera dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan pertama.

‘ Kita berikan pertolongan pertama ditempat ini juga, kita upayakan pertolongan yang diberikan Tim benar-benar  maksimal sehingga nyawa korban bisa tertolong. setelah pasien sadar kita akan segera bawa ke rumah sakit  untuk Penanganan lebih lanjut”. Ujar Kadis Kesehatan Enrekang, Sutrisno.

Selanjutnya pasien dilarikan ke RSUD Maspul untuk mendapat pertolongan lanjutan.

Rupanya seluruh rangkaian kejadian diatas adalah simulasi yang dilakukan oleh Polres dan Instansi Terkait dalam  rangka penanggulangan bencana alam yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Peragaan ini dilakukan usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Dan  Pengecekan Peralatan SAR Diwilayah Kabupaten Enrekang, yang berlangsung di area Wilayah Sungai Saddang,  kelurahan Juppandang, Kecamatan Enrekang, Minggu (15/11/2020).

Selain disaksikan Kapolres Enrekang AKBP Andi Sinjaya dan Wakapolres Kompol Aziz Taba, Simulasi ini juga  disaksikan Bupati Muslimin Bando, wakil Bupati Asman, Kepala Kejaksaan Negeri Enrekang, Ketua Pengadilan  Negeri Enrekang, Ketua DPRD Enrekang, peserta Apel dan seluruh masyarakat disekitar Sungai Saddang.

Baik Kapolres maupun Bupati berharap dengan sinergitas yang dibangun bersama dapat menyikapi bencana  yang kerap terjadi di Enrekang.

” Bencana yang terjadi adalah tanggungjawab kita bersama. Olehnya itu kita akan bersinergi untuk bersama-sama  mengatasi bencana alam yang terjadi di Enrekang secara profesional”. Kata Kapolres, Andi Sinjaya.

Bupati berharap simulasi tersebut semakin mengasah kesigapan Tim SAR BPBD dan Instansi Terkait lainnya  untuk bertindak cepat jika terjadi bencana alam. Muslimin Bando juga menyampaikan terima kasih kepada  Kapolres Andi Sinjaya yang telah menginisiasi sehingga kegitan tersebut dapat terselenggara.

” Saya juga berterima kasih kepada BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP dan Damkar serta seluruh  elemen yang selama ini berkontribusi luar biasa jika terjadi bencana alam”. Kata Bupati. (Sry)

Pos terkait