PARIWARA

Pelayanan Kesehatan JKN-KIS Mudah Dijangkau dan Berkualitas

Pelayanan Kesehatan JKN-KIS Mudah Dijangkau dan Berkualitas

Narasumber : Novi Andriani

Palopo, Upeks.co.id – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah banyak memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Salah satunya adalah Novi Andriani (27). Ditemui saat sedang menunggu proses pencetakan kartu JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Novi menceritakan kisahnya yang sangat terbantu oleh Program JKN-KIS, Selasa (27/10).

Anak pertamanya sejak kecil sering harus dilarikan ke rumah sakit karena terdapat masalah pada pencernaannya. Tidak sekali buah hatinya tersebut mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Novi mengatakan dengan adanya Program JKN-KIS, bebannya sedikit berkurang.

Pelayanan Kesehatan JKN-KIS Mudah Dijangkau dan Berkualitas

“Kalau ditanya soal manfaat, anak saya sudah lebih dari sekali dirawat di rumah sakit dan semuanya ditanggung oleh JKN-KIS. Setidaknya rasa khawatir karena kesehatan anak yang terganggu sedikit berkurang karena biaya perawatan tidak perlu kami pikirkan lagi,” kata Novi.

Sejak dirinya sekeluarga beralih dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) menjadi segmen Penerima Bantuan Iuran oleh Pemerintah Daerah (PBI APBD), ia lega tidak perlu lagi membayar iuran secara mandiri. Novi pun lantas menceritakan pelayanan yang didapatkan saat anaknya dirawat di RS Bintang Laut. Ia mengaku tidak mendapat perlakuan yang berbeda dari pihak rumah sakit.

“Saya melihat kami diperlakukan sama dengan pasien lainnya mulai dari pelayanan tenaga medis sampai dengan fasilitas yang diberikan. Bahkan anak saya ditempatkan di kamar kelas II karena saat itu kamar kelas III lagi penuh. Tidak seperti kabar di luar bahwa pasien peserta JKN-KIS mendapat diskriminasi, kami tidak mengalami itu. Alhamdulillah, kami dilayani dengan baik,” jelas Novi.

Dengan Program JKN-KIS, Novi sekeluarga merasa tenang jika sewaktu-waktu anaknya kembali membutuhkan perawatan. Namun Novi berharap dan berdoa anaknya bisa segera pulih dan tidak jatuh sakit lagi.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dan pemerintah karena sudah menanggung iuran saya dan keluarga, serta sudah memberikan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau dan sangat berkualitas,” ucap Novi. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top