Pelatih Fisik MBU Dapat Ilmu Baru Pelatihan Lisensi C Diploma

  • Whatsapp
Pelatih Fisik MBU Dapat Ilmu Baru Pelatihan Lisensi C Diploma

Makassar, Upeks.co.id–Muh. Akmal Almy merasa senang. Karena berhasil menyelesaikan pelatihan lisensi C diploma. Yang dijalani selama dua minggu, dari tanggal 06 sampai 18 November 2020.

Pelatih Fisik Muba Babel United FC, Muh. Akmal Almy ini juga merupakan salah satu pendiri sekolah sepakbola Luwu Soccer School-2020 (LSS-2020) di Belopa Kab. Luwu.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diselenggarakan PSSI bekerjasama dengan Asprov PSSI Sumsel.

“Terlepas dari pemenuhan regulasi mengenai standar minimal lisensi seorang staf kepelatihan di liga 1 dan 2 Indonesia. Tentunya saya merasa bangga dan sangat antusias, karena ini sangat penting untuk tetap mengupgrade ilmu dan menambah wawasan dalam perkembangan kepelatihan sepakbola modern,” katanya.

Akmal mengatakan dirinya mendapatkan banyak ilmu baru dalam pelatihan ini khususnya mengenai “tactical periodesation”. Mengenai bagaimana membuat bentuk latihan fisik berdasarkan situasi permainan di lapangan, membuat program latihan dalam bentuk microcycle.

Dia juga lebih memahami. Peran pelatih fisik di dalam sebuat tim. Pelatih fisik harus berkolaborasi.  Bersama head coach dalam membuat program latihan. Nantinya pelatih fisik akan menentukan volume, intensitas, repetisi, durasi, dan recovery di dalam membuat program latiha.

Semuanya itu dipelajari dalam tactical periodesation model latihan yang dilakukan secara holistik (fisik-teknik-taktik-mental) menjadi satu kesatuan.

“Di sepak bola modern, pemain diberikan latihan fisik dalam bentuk game model. Tidak lagi diberikan treatment secara isolasi. Wajib diperhatikan 3 High TOP dalam seminggu diberikan pada hari apa, disesuaikan dengan konsekuensinya apa? Strength-Power?, Endurance?, atau Speed? terus pemberiannya dihari apa saja dan seterusnya”, semuanya ini pelatih fisik wajib paham lalu memberikan masukan ke head coch dalam sebuah tim”, lanjutnya.

Sampai saat ini, Akmal sendiri belum mendapatkan pengumuman apakah dirinya dinyatakan lulus atau tidak di dalam pengambilan lisensi C diploma tersebut.

Namun ia berdoa dan optimis namanya masuk dalam 3 kandidat lulusan terbaik dan mendapat rekomendasi untuk akselerasi ke jenjang lisensi B Diploma dalam yang waktu singkat.(rls)

Pos terkait